Mudik adalah kegiatan yang biasa masyarakat lakukan setelah berpuasa penuh sebulan penuh. Temu kangen dan silaturahmi dengan sanak saudara di kampung cara terbaik merefresh diri setelah penat akan kesibukan.

Namun, sebelum kita melakukan perjalanan mudik ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Salah satu yang harus kita perhatikan adalah menjaga kesehatan. Kamu harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan baik, maka perjalanan mudikmu akan berjalan lancar. Berikut cara menjaga kesehatan saat mudik :
  1. Istirahat yang Cukup

Cara menjaga kesehatan saat mudik yang pertama adalah istirahat yang cukup. Istirahat mungkin merupakan satu hal yang paling penting untuk diperhatikan selama mudik lebaran. Sebelum mudik, kamu harus disiplin dalam beristirahat, yaitu selama 7-8 jam di malam hari.

Hindarilah kegiatan yang mengharuskan kamu untuk begadang, apalagi bila kamu akan mengemudi. Dengan begitu tubuh kamu akan lebih siap untuk menjalani mudik di esok harinya. Saat di perjalanan, jangan memaksakan diri. Bila kamu mengantuk dan merasa lelah berhentilah sejenak untuk bersitirahat.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Asupan gizi yang seimbang harus sangat diperhatikan untuk menjaga kesehatan, terutama saat menjalani mudik. Kamu harus mengonsumsi makanan makanan yang sehat dan bergizi menjelang berangkat mudik.

Usahakan untuk menghindari junk food, makanan instan, atau snack yang mengandung banyak msg. Berbagai kebutuhan tubuh seperti karbohidrat, protein, sumber lemak baik atau lemak tak jenuh, serta serat harus senantiasa terpenuhi. Baik sebelum mudik maupun selama perjalanan mudik.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum banyak air putih. Tubuh kamu harus selalu terhidrasi agar tidak merasa lemas saat perjalanan mudik. Hal ini sangat penting sebagai salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik.

Membawa bekal mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan kamu. Hal ini karena dengan membawa bekal, kamu bisa mengatur sendiri makanan yang akan kamu konsumsi.

Dengan begitu kamu bisa memastikan makanan yang kamu konsumsi saat mudik adalah makanan yang sehat. Karena jajan sembarangan di jalan bisa saja membuat kamu mengalami berbagai penyakit. Untuk itulah kamu perlu mengantisipasinya dengan salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik ini.

  1. Berolahraga

Sebelum berangkat mudik kamu harus memastikan badan fit untuk menjalani mudik yang tentunya membutuhkan banyak tenaga. Oleh karena itu, sebagai salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik kamu bisa jogging yang mengeluarkan keringat. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga tubuhmu dari serangan penyakit. Di perjalanan mudik, kamu juga bisa melakukan berbagai peregangan ringan agar tubuhmu tidak kaku.

  1. Membawa Keperluan Obat-Obatan

Obat-obatan menjadi hal yang sangat penting dibawa saat mudik. Tentu saja cara menjaga kesehatan saat mudik yang paling jelas adalah dengan membawa obat-obatan ini. Selain itu, kamu juga perlu membawa peralatan P3K dalam perjalanan mudik.

Buat kamu yang memiliki riwayat penyakit tertentu, bawalah obat dari penyakit tersebut untuk berjaga-jaga. Penyakit penyakit seoerti diabetes dan darah tinggi perlu penanganan dari obat untuk meredakannya.

  1. Mengonsumsi Suplemen

Cara menjaga kesehatan saat mudik selanjutnya adalah mengonsumsi suplemen. Hal ini diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh kamu selama perjalanan mudik. Suplemen dan vitamin khusus akan sangat berguna untuk memenhui kebutuhan nutrisi yang tentunya tak cukup hanya dari makanan saja. Mengonsumsi vitamin C secara rutin sebelum berangkat mudik dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Gunakan Masker Kesehatan

Menggunakan masker kesehatan menjadi salah satu cara menjaga kesehatan saat mudik yang cukup penting. Tidak hanya bagi pengendara motor, namun juga bagi siapapun yang menjalani mudik.

Banyaknya polusi yang bertebaran di udara saat mudik, membuat bakteri dan virus bertebaran dan bisa terhirup oleh kamu. Akibatnya kamu bisa saja tertular penyakit karena bakteri dan virus yang tersebar di udara bebas tersebut. Dengan menggunakan masker kesehatan, kamu bisa terhindar dari menghirup udara udara kotor yang menjadi penyebab penyakit.

Jadi, persiapkan dirimu sebelum melakukan kegiatan mudik. Lakukanlah cara menjaga kesehatan saat mudik tersebut dan kamu bisa menjalani lebaran bersama keluarga dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here