Buang air yang susah dapat menimbulkan banyak penyakit. Susah BAB diakibatkan kondisi usus mengalami penumpukan sampah sisa-sisa makanan. Hal tersebut mengakibatkan sembelit serta  membuat perut terasa melilit dan sakit. Kalau susah BAB dibiarkan bisa mengakibatkan kanker usus. Padahal Usus sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi dengan 7 makanan ini dapat melancarkan BAB.

Apa saja? Yuk disimak.

ROTI GANDUM

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi biji-bijian juga bisa mengurangi risiko kanker usus. Dan, salah satu cara termudah untuk meningkatkan jumlah serat dalam tubuh adalah dengan diet dan banyak mengonsumsi roti gandum.

Sepotong roti gandum banyak mengandung serat gandum untuk sarapan. Sari gandumnya bisa untuk makan siang, karena bisa menjadi alternatif untuk memperlancar BAB.

YOGURT

Di dalam usus manusia diisi oleh triliunan bakteri dan ragi yang membuat usus tetap aktif dan sehat. Salah satu cara untuk memperlancar pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus dengan mengonsumsi yogurt probiotik.

Namun, perlu diingat kalau tidak semua yogurt mengandung bakteri baik yang ramah bagi usus kita. Jadi pilihlah yogurt dengan melihat label pada kemasannya terlebih dahulu.

BERAS MERAH

Cara memperlancar BAB yang efektif lainnya adalah dengan menggunakan beras merah. Beras merah dipercaya mampu menjaga sistem pencernaan untuk tetap sehat.

Selain itu, beras merah juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. Tingginya jumlah serat dalam beras merah juga mampu menjaga kesehatan, meringankan masalah usus seperti sembelit.

DAGING RENDAH LEMAK DAN IKAN

Salah satu makanan yang bisa membuat kondisi usus memburuk adalah daging berlemak dan berminyak. Daging burger, kornet, dan daging bacon merupakan makanan yang akan sulit dicerna oleh usus, dan akan mengganggu BAB.

Cara memperlancar BAB adalah dengan menghindari makan makanan tersebut. Dan, alternatifnya adalah mengonsumsi daging yang rendah lemak dan kalau bisa mengganti daging dengan makanan pengganti.

Selain itu, kita bisa mengganti makanan dengan ayam, kalkun, dan ikan.

SAYURAN HIJAU

Sayur-sayuran sudah dikenal mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh, tidak hanya kesehatan usus saja. Salah satu sayur yang bisa dikonsumsi adalah bayam.

Bayam mengandung serat dan magnesium yang baik untuk memperlancar BAB, selain itu penting untuk usus. Selain bayam, kita juga bisa mengonsumsi kacang hijau yang mengandung banyak serat dan magnesium juga.

Kacang hijau mengandung 4 gram serat dalam satu cangkirnya. Dengan mengonsumsi bayam dan kacang hijau setiap hari dijamin mampu memperlancar BAB.

BUAH JERUK

Sama seperti sayuran, buah juga banyak mengandung vitamin dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan. Salah satu buah yang dipercaya sebagai makanan yang ampuh untuk memperlancar BAB adalah jeruk.

Dalam satu buah jeruk terdapat 4 gram serat. Sedangkan untuk buah jeruk lain seperti lemon, limau, dan pomelo mengandung Naringen yang mampu mengatasi sembelit dan masalah usus lainnya.

Dengan mengonsumsi buah-buahan seperti jenisi buah citrus, bisa membuat BAB kita lancar. Buah citrus tidak hanya jeruk saja, ada lemon, limau, pomelo, dan satsumas.

KACANG POLONG

Satu lagi makanan yang dipercaya ampuh sebagai cara memperlancar BAB dan menjaga kesehatan usus adalah kacang polong.

Kacang polong dipercaya mampu menjaga keseimbangan bakteri yang ada di lambung dan menjaga kondisi usus supaya tetap sehat.

Selain kacang polong, kita juga bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan lain seperti kacang merah dan kacang lentil.

Mengatur pola makanan dan menu makanan yang akan dikonsumsi menjadi kunci utama dan cara memperlancar BAB yang ampuh.