Menjaga Kesehatan
Menjaga Kesehatan

Virus Covid-19 yang berasal dari Wuhan pada akhir tahun 2019 menjadi penyakit yang kini tersebar ke seluruh penjuru dunia. Virus corona juga bisa tertinggal di permukaan benda-benda dan memiliki daya tahan berjam-berjam hingga beberapa hari. Maka dari itu saat ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh guna menghindari tercemarnya virus.

Berikut beberapa cara agar dapat terhindar dari virus corona :

  1. Rajin mencuci tangan

Cara efektif untuk mecegah penyebaran atau penularan virius ini adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. Pertama, basahi tangan dengan air lalu gunakan sabun ke permukaan telapak tangan dan gosok selama 20 detik lalu bilas dengan air mengalir. Jangan malas untuk cuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll.

  1. Siap sedia hand sanitizer

Hand sanitizer memiliki kandungan alkohol mulai 30%. Sekarang ini banyak hand sanitizer di pasaran yang memiliki kandungan alkohol hingga 60%. Hand sanitizerย dengan kandungan 60% atau lebih bisa membunuh virus yang punya ukuran cukup besar, yakni 400-500 mikrometer. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sebotol kecilย hand sanitizerย dengan alkohol 60% atau lebih saat bepergian.

  1. Jangan menyentuh wajah

Hal yang sering disepelekan tetapi sangat penting untuk diperhatikan adalah jangan menyentuh wajah. Salah seorang peneliti WHO menyebutkan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat virus corona, seperti mendiamkan tangan agar tidak menyentuh wajah selama minimal satu menit. Jika sudah berhasil, tambahkan menjadi 5 menit, dan latih terus, sehingga kamu bisa benar-benar meminimalkan kebiasaan menyentuh wajah.

  1. Jaga kebersihan lingkungan

Membersihkan rumah dan sekitar meja kerja di kantor dapat meminimalkan paparan virus. Maka dari itu disarankan untuk menggunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keyboar dan mouse, alat dapur, sakelar lampur, gagang laci, pegangan tangga.

  1. Bawa peralatan makanan sendiri

Virus corona kuat bertahan di permukaan logam. Dengan membawa alat makan sendiri, tentu akan lebih mengetahui kebersihan peralatan tersebut. Pastikan jangan sampai terjadi penggunaan alat makan bersama-sama. rus corona bisa menyebar lewat percikan air liur yang menempel di sendok.

Baca Juga:  Ini 6 Dia Alasan Anda Harus Memilih RS Sari Asih

Info kesehatan lainnya bisa Anda dapatkan di web www.sariasih.com

Baca juga :

5 Tips Menjaga Kesehatan Telinga