Categories Sosok Umum

Tokoh – tokoh yang berpengaruh besar terhadap dunia #10 Galileo Galilei

Haloo pembaca setia barisandepan.com! Apa kabarnya nih? Semoga kehidupanmu baik selalu ya! Hari ini kita akan menyimak tentang sejarah tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap dunia dan dibahas secara ringkas. So, disimak hingga akhir ya!

Galileo Galilei (1564 – 1642)

Galelio Galilei, ilmuwan besar Italia ini mungkin lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan metode ilmiah daripada siapa pun juga. Galileo lahir di Pisa pada tahun 1564. Ketika masih muda, ia belajar di Universitas Pisa, tetapi terhenti karena masalah keuangan. Namun demikian, pada tahun 1589, dia mampu mendapatkan posisi pengajar di universitas itu. Beberapa tahun kemudian, dia bergabung dengan Universitas Padua dan menetap di sana hingga tahun 1610. Selama masa inilah, dia menciptakan sejumlah besar penemuan-penemuan ilmiah.

Sumbangan penting pertamanya di bidang mekanika. Aristoteles mengajarkan, benda yang lebih berat jatuh lebih cepat daripada benda yang lebih ringan. Bergenerasi-generasi kaum sarjana menelan pendapat filsuf Yunani yang mempunyai pengaruh besar ini. Namun, Galileo memutuskan mencoba dahulu kebenarannya dan melalui serangkaian eksperimen dia menyimpulkan bahwa Aristoteles keliru. Yang benar adalah, baik benda berat maupun ringan jatuh pada kecepatan yang sama kecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat pergeseran udara. (Kebetulan, kebiasaan Galileo melaku kan percobaan melempar benda dari menara Pisa sepertinya dilakukan tanpa sadar).

Mengetahui hal ini, Galileo mengambil langkah-langkah selanjutnya. Dengan hati-hati, dia mengukur jarak jatuhnya benda pada saat yang ditentukan dan mendapat bukti bahwa jarak yang dilalui oleh benda yang jatuh adalah berbanding lurus dengan kuadrat waktu jatuhnya benda. Penemuan ini (yang berarti penyeragaman percepatan) memiliki arti penting tersendiri. Bahkan, lebih penting lagi, Galileo berhasil menghimpun hasil pene muannya dengan rumus matematika. Penggunaan yang luas dari rumus matematika dari metode matematika merupakan sifat penting dari ilmu pengetahuan modern.

Sumbangan besar Galileo lainnya ialah penemuannya mengenai hukum kelembaman (inersia). Sebelumnya, orang percaya bahwa benda bergerak dengan sendirinya cenderung menjadi makin lamban dan sama sekali berhenti jika tidak ada tenaga yang menambah kekuatan agar terus bergerak. Akan tetapi, percobaan-percobaan Galileo membuktikan bahwa anggapan itu tidak benar. Jika kekuatan yang memperlambat seperti misalnya pergeseran, dapat dihilangkan, benda bergerak cenderung tetap bergerak tanpa batas. Ini merupakan prinsip penting yang telah berulang kali ditegaskan oleh Newton dan digabungkan dengan sistemnya sendiri, sebagai hukum gerak pertama salah satu prinsip vital dalam ilmu pengetahuan.

Penemuan Galileo yang paling terkenal adalah di bidang astronomi. Teori perbintangan atau astronomi pada awal tahun 1600-an berada dalam situasi yang tak menentu. Terjadi perbedaan pendapat antara penganut teori Copernicus yang “matahari sentris” (heliosentris) dan penganut teori yang lebih lama, yang “bumi sentris” (geosentris). Pada tahun 1609, Galileo menyatakan kepercayaannya bahwa Copernicus berada di pihak yang benar, tetapi pada waktu itu dia tidak tahu cara membuktikannya. Pada tahun 1609, Galileo mendengar kabar bahwa teleskop ditemukan orang di Negeri Belanda. Meskipun Galileo hanya mendengar samar-samar saja mengenai peralatan itu, tetapi berkat kege niusannya dia berhasil menciptakan sendiri teleskop. Dengan alat baru ini, dia mengalih kan perhatiannya ke langit dan hanya dalam waktu setahun dia sudah berhasil membuat serangkaian penemuan besar.

Galileo menghabiskan waktu enam tahun berikutnya menyusun karya ilmiahnya yang penting Dialogue Concerning the Two Chief World Systems. Buku ini merupakan peragaan hebat mengenai hal-hal yang menyangkut dukungan terhadap teori Copernicus dan buku ini diterbitkan pada tahun 1632 dengan izin sensor khusus dari gereja. Meskipun begitu, penguasa-penguasa gereja menanggapi dengan sikap berang ketika buku terbit dan Galileo segera diseret ke Pengadilan Agama di Roma dengan tuduhan melanggar larangan tahun 1616.

Terlihat jelas, banyak petinggi gereja tidak suka dengan keputusan menghukum seorang sarjana kenamaan. Bahkan, di bawah hukum gereja saat itu, kasus Galileo dipertanyakan dan dia hanya dijatuhi hukuman ringan, Galileo tidak dijebloskan ke penjara, tetapi sekadar dikenai tahanan rumah di rumahnya sendiri yang cukup nyaman di sebuah villa di Arcetri. Dengan aturan dia tidak boleh menerima tamu, tetapi kenyataannya aturan itu tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Hukuman lain terhadapnya hanyalah suatu permintaan agar dia secara terbuka mencabut kembali pendapatnya bahwa bumi berputar mengelilingi matahari. Ilmuwan berumur 69 tahun ini melaksanakannya di depan pengadilan terbuka. (Ada cerita terkenal yang tidak pasti kebenarannya bahwa setelah Galileo menarik lagi pendapatnya dia menunduk ke bumi dan berbisik pelan, “Lihat, dia masih terus bergerak!”). Di kota Arcetri, dia meneruskan karya tulisnya di bidang mekanika. Galileo meninggal pada tahun 1642.

Galileo, dapat dianggap sebagai orang yang taat beragama. Terlepas dari hukuman yang dijatuhkan terhadap dirinya dan pengakuannya, dia tidak menolak baik agama maupun gereja. Yang ditolaknya hanyalah percobaan para petinggi gereja untuk menekan usaha penelitian ilmu pengetahuannya. Generasi berikutnya sangat beralasan mengagumi Galileo sebagai lambang perlawanan terhadap dogma dan terhadap kekuasaan otoriter yang mencoba membelenggu kemerdekaan berpikir.

Arti pentingnya yang lebih menonjol lagi adalah peranan yang dimainkannya dalam hal meletakkan dasar-dasar metode ilmu pengetahuan modern (metode ilmiah).
So, bagaimana tanggapanmu dengan tokoh Galileo Galilei secara singkat disini? Berikan tanggapannya melalui emoji atau di kolom komentar ya.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Sumber :
100 Tokoh Paling berpengaruh Sepanjang Masa karya Michael H. Hart

Penulis :
MR Derrick

Worker, Content Creator, Investor Receh

More From Author

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like