Holaaa Nabungholic! Apa kabar kalian semua? Ketemu lagi di artikel minggu ini. Well, bagaimana kabar kalian minggu ini? Ngerti si kalo minggu ini lagi tanggal tua semoga kalian bisa memanage keuangan kalian dengan baik ya! Di minggu ini kita coba kenalan dengan salah satu indeks yang ada di IHSG. Mungkin di antara kalian ada yang familiar dengan IDX30? Kalo IDX30 ini bisa dibilang diatasnya LQ45, jadi perusahaan-perusahaan yang masuk indeks ini adalah perusahaan top yang ada di bidangnya masing-masing Jadi kalian tidak perlu takut dengan saham gorengan di Indeks ini.

Di artikel gw sebelumnya mungkin gw ada membahas saham bluechip ya, kita coba reminder dan merefresh ingatan lagi sebelum kita masuk ke IDX30. Apa itu bluechip? Menurut WIKIPEDIA, Bluechip adalah sebuah istilah dalam pasar modal yang mengacu pada saham dari perusahaan besar yang memiliki pendapatan stabil dan liabilitas dalam jumat yang tidak terlalu banyak. Bluechip ini bisa dibilang perusahaan dengan kapitalisasi pasar besar, memiliki reputasi baik, kinerja/laporan keuangannya bagus dan sahamnya likuid atau bisa dibilang sering di transaksikan.

Untuk investor pemula lebih sering untuk membeli saham LQ45, namun Bursa Efek Indonesia membuat indeks yang lebih baik lagi yaitu di indeks IDX30. Jadi sebenarnya apa itu IDX30?

IDX30 bisa dibilang adalah indeks yang mengukur kinerja harga 30 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar serta di dukung fundamental perusahaan yang baik. Berikut ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di IDX30 periode Agustus 2020 sampai dengan Januari 2021:

1. ACES (Ace Hardware Indonesia Tbk)
2. ADRO (Adaro Energy Tbk)
3. ANTM (Aneka Tambang Tbk)
4. ASII (Astra International Tbk)
5. BBCA (Bank Central Asia Tbk)
6. BBNI (Bank Negara Indonesia Tbk)
7. BBRI (Bank Rakyat Indonesia Tbk)
8. BBTN (Bank Tabungan Negara Tbk)
9. BMRI (Bank Mandiri Tbk)
10. BTPS (Bank BTPN Syariah Tbk)
11. CPIN (Charoen Pokphand Indonesia Tbk)
12. ERAA (Erajaya Swasembada Tbk)
13. EXCL (XL Axiata Tbk)
14. GGRM (Gudang Garam Tbk)
15. HMSP (H.M Sampoerna Tbk)
16. ICBP (Indofood CBP Sukses Makmur Tbk)
17. INCO (Vale Indonesia Tbk)
18. INDF (Indofood Sukses Makmur Tbk)
19. INKP (Indah Kiat Pulp & Paper Tbk)
20. INTP (Indocement Tinggal Prakarsa Tbk)
21. JPFA (Japfa Comfeed Tbk)
22. KLBF (Kalbe Farma Tbk)
23. MNCN (Media Nusantara Citra Tbk)
24. PGAS (Perusahaan Gas Negara Tbk)
25. PTBA (Bukit Asam Tbk)
26. SMGR (Semen Indonesia Tbk)
27. TLKM (Telekomunikasi Indonesia Tbk)
28. TOWR (Sarana Menara Nusantara Tbk)
29. UNTR (United Tractors Tbk)
30. UNVR (Unilever Indonesia Tbk)

Nah itu adalah daftar perusahaan yang terdaftar di IDX30. Cukup familiar bukan dengan telinga kalian? Mungkin ada beberapa produk dari perusahaan tersebut yang kalian konsumsi, pakai, dan sering kalian gunakan. Selama kalian berinvestasi dan menabung saham di perusahaan ini kalian tidak akan terkena dengan jebakan saham gorengan.

Terus kalo kalian masih belajar dan bingung dalam berinvestasi saham pertama kalian, kalian bisa mulai nih di Indeks ini atau LQ45. Sebenarnya masih banyak indeks-indeks lain yang ada di Bursa Efek Indonesia, diantaranya JII, Kompas 100, Bisnis 27, Pefindo 25, dan Sri Kehati. Tingkat return (Imbal hasil) dari indeks IDX30 dan LQ45 pun tidak jauh berbeda dengan IHSG, sehingga dijadikan indeks pilihan utama selain IHSG sebagai acuan dalam berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.

Itu tadi perkenalan kita dengan IDX30, untuk selanjutnya gw akan mencoba membahas indeks-indeks lainnya di Bursa Efek Indonesia sebagai acuan untuk di sesuaikan dengan kebutuhan kalian dalam berinvestasi. Jadi jangan khawatir dan takut ya untuk mulai berinvestasi dan nabung saham di pasar modal indonesia.

Well, udah di akhir artikel aja nih hehehe Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian yang ingin dan baru mulai berinvestasi dan nabung saham untuk jangka panjang. Kita ketemu lagi di artikel selanjutnya ya! Oh iya jangan lupa untuk lihat artikel-artikel gw sebelumnya! Karena gw akan mencoba membagi informasi perihal investasi saham dan pasar modal setiap minggunya hanya di Barisandepan.com. Keep safe dan healthy buat kalian semua! Tetap pakai masker, tetap jaga jarak, tetap cuci tangan sesering mungkin ya! Sampai ketemu lagi! Bye!