Batuk dan Pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tanpa terkecuali bayi yang baru lahir. Biasanya penularan batuk dan pilek ini melalui udara. Orang dewasa yang terkena batuk dan pilek pasti merasa tidak nyaman, bagaimana dengan bayi yang baru lahir, yang antibodi dalam tubuhnya masih belum telalu kuat.

Namun, apabila mendapati bayi moms yang terserang batuk dan pilek jangan buru-buru untuk diberikan obat. Karena anak usia di bawah 2 tahun sebetulnya masih tidak disarankan untuk menggunakan obat-obatan. Lalu bagaimana cara menangani batuk dan pilek pada bayi baru lahir?

1. ASI

Moms bisa menggunakam ASI sebagai obat yang sangat ampub bagi bayi moms yang baru lahir. Antibodi yang terkandung dalam ASI sangatlah baik untuk memperbaiki sistem imun yang didalam tubuh bayi. Bayi yang melakukan direct breastfeed atau menyusu langsung pada moms, maka air liurnya akan mengirim sinyal kepada tubuh moms, bahwa ia membutuhkan ASI dengan kandungam obat alami yang lebih banyak untuk membantu menyembuhkan Batuk dan Pilek pada bayi moms yang baru lahir. Berikan ASI pada bayi moms 2-3 jam sekali, pastikan pelekatannya benar, agar bayi moms mendapatkan cukup ASI untuknya.

2. Berendam atau Mandi Air Hangat

Pilek akan membuat pernafasan bayi tersumbat sehingga ia akan menjadi sulit bernafas dan mungkin akan menjadi tidak nyaman. Maka mandikan dan ajak bayi anda berendam air hangat agar uapnya dapat melegakan pernafasannya yang tersumbat.

3. Menyedot Lendir

Lendir yang menumpuk di hidung dan tenggorokkan akan sangat mengganggu bayi mom. Moms bisa menyedot lendir yang ada dengan alat nose cleaner yang dijual di apotik. Jangan pernah menyedot lendir bayi dari hidungnya dari mulut ya moms, karena ini akan menjadi pertukaran virus dan bakteri dari mom kepada bayi dan sebaliknya. Lendir juga akan keluar melalui feses bayi yang tertelan bersama ASI yang ia minum.

4. Bawang Merah

Bawang merah dipercaya dapat membantu meredakan pilek. Caranya yaitu iris satu siung bawa merah dan letakkan di ujung tempat tidur bayi moms, agar uapnya akan terhirup dan dapat meredakan pilek pada bayi.

5. Sabar dan Gendong

Jangan terburu-buru memberikan obat ya moms, bayi hanya bisa memberikan sinyal menangis pada saat ia merasa tidak nyaman. Jadi yang moms harus lakukan adalah sabar dan menggendongnya agar ia merasa nyaman dalam pelukan moms. Moms bisa bergantian dengan ayah agar moms dapat beristirahat dan membuat pikiran moms menjadi lebih tenang. Resep sabar dan gendong ini dipopulerkan oleh seorang dokter spesialis anak yang memiliki nama instagram @dokterapin.