Setelah melahirkan sang buah hati pasti rasanya sangat bahagia dan lega. Setelah 9 bulan mengandung, dirawat dan dijaga di dalam rahim ibu tanpa tau bagaimana wajahnya. Apakah mirip ibu ataukah mirip ayah ya?

Tidak semua ibu hamil setelah melahirkan merasa bahagia

Banyak sekali kasus dimana setelah melahirkan bayi ibu merasa sangat tertekan, terpuruk, sedih berlebih. Bahkan sebagian ibu ada yang ingin mengakhiri hidupnya bersama sang buah hati yang baru ia lahirkan. Lalu mengapa itu bisa terjadi?

Source: muslimah.or.id

Baby blues! Baby blues adalah keadaan dimana ibu yang baru melahirkan sang buah hatinya merasakan sedih, cemas berlebihan dan bahkan bisa berlanjut menjadi depresi post partum. Hal ini dapat mengakibatkan ibu ingin mengakhiri hidupnya bersama sang buah hati karena tidak sanggup mengatasi rasa tertekan dalam dirinya.

Sebenarnya baby blues itu normal terjadi pada ibu yang baru melahirkan. Baby blues menyerang di awal minggu melahirkan. Dengan berbagai perasaan yang dirasakan ibu, seperti lelah, sedih yang berlebihan, khawatir, tidak bisa tidur, perasaan ibu juga menjadi lebih sensitif, ibu selalu merasa sendiri kesepian, tidak ada yang membantunya mengurus bayi. Semua hal itu wajar terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh ibu yang berubah setelah melahirkan. Proses melahirkan yang sangat menguras tenaga dan pikiran membuat ibu merasa kelelahan dan tidak dapat beristirahat seperti sebelumnya karena langsung harus belajar memberikan ASI kepada sang buah hati.

Lalu bagaimanakah cara mengatasi baby blues agar tidak berlanjut menjadi lebih parah seperti depresi post partum?

Cara Mengatasi Baby Blues

Peran orang-orang sekitar sangat dibutuhkan oleh ibu untuk melalui masa-masa setelah melahirkan. Support system haruslah kuat, yang berasal dari suami dan keluarga. Yang paling penting adalah peran suami untuk membantu sang ibu bangun dari rasa sedih yang berlebihan agar tidak mempengaruhi produksi ASI yang akan diberikan pada sang buah hati.

Baca Juga:  Mau Belajar Masak? Ini Dia 5 Channel Youtube yang Wajib Banget Kamu Tonton

Ibu jangan sungkan untuk bercerita masalah dan keluhan ibu kepada suami dan keluarga, karena itu akan membuat ibu menjadi lebih nyaman. Selain itu ibu juga harus meluangkan waktu untuk diri sendiri. Seperti berendam air hangat dengan aroma terapi, atau melakukan perawatan tubuh dan wajah di salon. Perbanyak istirahat dan minum vitamin khusus untuk menjaga kesehatan tubuh ibu dan juga menjaga kualitas ASI yang akan diberikan kepada sang buah hati.