Holaa Nabungholic! Apa kabar kalian semua? Ketemu lagi di thread Artikel minggu ini dari Nabungholic. Oke, di artikel hari ini gw mencoba membahas masalah yang kemungkinan besar akan di hadapi oleh Indonesia. Yap! RESESI! Kalo kalian sering baca berita dengar kabar, baik dari media elektronik maupun TV dan Radio kalian pasti sering banget denger berita ini. Jadi sebenarnya apa itu resesi?

Mengutip dari kompas menurut ekonom senior Universitas Gajah Mada (UGM) Muhammad Edhie Purnawan, resesi adalah istilah dalam ilmu makro ekonomi yang mengacu pada penurunan yang signifikan dalam kegiatan ekonomi. Dimana lanjutnya, kosensus dari para ekonom dunia menyatakan bahwa terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi rill selama dua kuartal secara berturut-turut yang disertai dengan peningkatan jumlah pengangguran.

Nah dari pengertiannya aja sudah bikin kita khawatir ya. Tidak resesi aja, mencari pekerjaan sulit, apalagi bila benar terjadi resesi? Terus dampak nyata dari resesi itu apa?

Pertama jelas, masyarakat akan kehilangan pendapatan. Persis yang sedang kita rasakan akhir-akhir ini. Dimana adanya pemotongan gaji, lalu adanya pemutusan hubungan kerja (PHK), sulitnya mencari pekerjaan karena lapangan pekerjaan yang sedikit menjadi dampak pertama yang kita rasakan akhir-akhir ini.

Lalu yang kedua, adanya penurunan daya beli masyarakat. Setelah pendapatan masyarakat berkurang pastinya akan berdampak pada penurunan daya beli masyarakat. Boro-boro untuk memikirkan belanja handphone, membeli rumah, membeli tas dan baju yang branded, untuk keperluan setiap hari aja sudah sulit dan masyarakat cenderung defensif dengan menambah tabungan mereka guna mengantisipasi hal-hal terburuk yang akan terjadi kedepannya. Perlu di ketahui virus corona ini kita masih belum tau akan sampai kapan berakhirnya.

Yang ketiga adanya penurunan nilai suatu portofolio atau aset seperti saham. Nah kalo kalian yang berinvestasi dan nabung di saham kalian pasti sangat amat merasakan hal ini nih. Gw sebagai praktisi juga merasakannya betul. Di bulan Maret dimana IHSG kita drop sampai 3000 yang sebelumnya di posisi 6.500! Luar biasa bukan dampak dari virus ini. Kecil tapi membuat kacau seluruh dunia.

Lanjut yang keempat ada tingkat suku bunga dan kurs dollar yang tidak stabil. Nah sebagai praktisi investasi di pasar modal gw merasakan hal ini juga. Dimana surat hutang atau obligasi yang kita beli harganya menjadi jatuh, lalu kurs dollar yang tidak stabil. Hal ini pun langsung di antisipasi oleh pemerintah dengan memberikan stimulus jumbo guna membuat pasar modal dan ekonomi negara menjadi mengeliat dan bergairah kembali.

Terus bagaimana cara kita menghadapi resesi?

Untuk yang pertama jelas bayar semua hutang yang lu punya. Karena berkurangnya pendapatan kalian jadi gw saranin untuk bayar hutang dulu deh. Karena apa? Biar tidak memberatkan kalian untuk menghadapi resesi ini. Hutang-hutang dengan bunga besar terutama ya! Karena sejujurnya nih, orang yang paling bahagia adalah orang yang tidak memiliki hutang.

Terus yang kedua, uang tunai adalah raja! Karena resesi ini mengurangi nilai dari investasi, kalian lebih baik kalian pegang uang cash terlebih dahulu. Kenapa? Biar nilai dari uang yang kalian punya itu tidak berkurang. Ditakutkan ada apa-apa seperti terkena PHK? Setidaknya kalian harus mempunyai tabungan atau uang cash untuk mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi pada kalian pada saat resesi.

Yang ketiga ini menurut gw hukumnya sunnah nih. Terus berinvestasi ya. Kalo tabungan kalian aman, kerjaan kalian tidak berdampak corona, kalian juga sudah di cover asuransi jadi apa yang ditakutkan untuk tetap berinvestasi? Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk nyerok saham-saham yang bagus dan berfundamental baik dengan harga murah. Kalo krisis ini berakhir kalian pasti dapat manfaatnya deh. Ingat kembali tujuan investasi kalian lagi ya. Investasi saham itu untuk jangka panjang bukan untuk jangka pendek.

Yang nomor empat ada membangun aset intelektual. Nah ini penting nih, dikarenakan lapangan pekerjaan yang minim bagi kalian yang terdampak dari virus corona ini kalian bisa asah skill dan keterampilan yang bikin kalian beda dengan competitor lainnya. Contoh karena gw hobi menulis dan lebih sering working from home dirumah gw jadi meluangkan waktu untuk membaca buku, ikut webinar gratis yang disediakan banyak user, dan mengasah skill menulis gw biar dilirik oleh website atau perusahaan yang ingin hired gw buat jadi freelance penulis mereka. Jadi sambil meningkatkan softskill gw juga secara tidak langsung meningkatkan pendapatan dari hasil menulis gw ini. Hehehe

Dan yang terakhir di nomor lima ada membuka bisnis sampingan. Karena kita lebih sering dirumah dan adanya waktu luang, kalian bisa mengeksplore kelebihan dan potensi yang ada di diri kalian. Contoh yang hobi masak, kalian bisa nih buka catering kecil-kecilan atau kalian bisa juga jualan online dari hasil makanan yang kalian buat. Nah secara gak langsung juga kalian membuka bisnis sampingan kalian sendiri dan tentunya menambah pendapatan bulanan kalian dari hasil bisnis sampingan itu.

Nah itu tadi pembahasan gw tentang resesi dan bagaimana cara kita menghadapi resesi. Jangan panik dengan resesi ya! Siapkan dana darurat kalian sebaik mungkin dan teruslah berinvestasi! Walaupun volatilitas dan fluktuasi pasar modal masih cenderung tinggi namun kalian masih bisa memafaatkan kepanikan pasar ini. Balik lagi ke pernyataan gw sebelumnya yaitu,”Tujuan investasi kalian itu apa?” Kalo targetnya jangka panjang ini bagus banget kok.

Udah di ending dari artikel gw kali ini. Semoga artikel gw ini bermanfaat bagi kalian ya! Untuk artikel gw yang lain jangan lupa dibaca juga! Karena pasar modal kita itu sangat amat berpotensi! Jadi jangan kalah sama investor asing yang membanjiri pasar modal kita. Bagaimana pasar modal kita mau maju kalo misalnya warga negaranya sendiri masih sulit dan enggan untuk menabung saham. Okee, sampai ketemu di artikel gw selanjutnya ya! Gw coba kasih bocoran di weekend minggu ini, mungkin gw akan mengajari kalian untuk belajar analisis teknikal di pasar modal, biar kalian tau dimana posisi harga terendah suatu saham untuk kalian beli dan harga tertinggi untuk kalian jual. Jangan lupa cek instagram gw di @getardikautama atau kalo ada pertanyaan kalian bisa email di getardika@gmail.com . Tetap pakai masker, tetap jaga jarak, dan tetap cuci tangan sesering mungkin ya! Keep healthy and keep Safe! See you!


Baca Juga:  Mulai membuka Rekening Efek