Salam hangat salam kenal semuanya sobat Plantania!! Welcome to the thread perdana dari Tips & Tricks Plantania. Hari ini saya akan memberikan tips dan trick kepada kalian tentang cara perawatan dan perbanyakan tanaman hias “ Tradescantia Pallida”. Simak terus ya sobat Plantania.


Tradescantia Pallida atau lebih dikenal dengan Adam Hawa atau juga disebut Purple Heart, adalah salah satu jenis tanaman hias yang murah meriah, mudah perawatan dan juga gampang cara memperbanyaknya.

Tanaman hias dengan dominasi warna ungu di seluruh batang & daunnya ini, bisa ditanam langsung di tanah, di pot biasa ataupun di polybag. Selain itu untuk lebih mempercantik rumah anda, bisa juga ditanam di pot gantung, karena batangnya yang telah dewasa cenderung memanjang & menjuntai ke bawah.


Bagi penyuka warna ungu, pasti tak mau melewatkan untuk memiliki tanaman ini sebagai salah satu koleksinya. Tanaman berbatang basah ini juga memiliki bunga yang sangat cantik. Dengan ukuran kecil berwarna merah muda keunguan pada kelopaknya & putiknya yang berwarna kuning, sungguh membuat pecinta purple heart semakin jatuh cinta.
Di iklim tropis seperti di Indonesia, tanaman ini sungguh sangatlah cocok. Karena tanaman ini memang sangat menyukai panas matahari secara langsung, agar warna ungunya semakin cerah & mencolok.


Berdasarkan pengalaman pribadi yang suka merawat & menanam si ungu menggemaskan ini, berikut beberapa tips perawatan Tradescantia Pallida:

• Jangan menaruh tanaman ini di dalam ruangan ataupun di tempat teduh.

• Tradescantia Pallida bukanlah termasuk tanaman indoor. Karena kurangnya cahaya matahari langsung bisa menyebabkan warna daun menjadi kusam, menjadi hijau ( bukan ungu lagi ), dan sangat tidak menarik.

• Lakukan penyiraman seperlunya ( kalau media tanam sudah dirasa kurang lembab ).

• Karena lembab yang berlebihan bisa menyebabkan pertumbuhan kurang maksimal & mengalami busuk akar.

• Seperti halnya tanaman² yang lain, tanaman ini juga perlu pemupukan secukupnya.

• Walau tanpa dipupukpun sebenarnya bisa tumbuh dengan baik, asal media tanamnya memenuhi unsur nutrisi.


Cara perbanyakan Tradescantia Pallida:

• Paling gampang dengan cara stek batang.
Yaitu memotong batang (menggunakan pisau atau gunting) di antara ruas daun, kemudian ditancapkan ke media tanam.

• Dengan cara pemisahan anakan dari indukannya.
Tradescantia Pallida termasuk tanaman yang gampang tumbuh & cepat beranak. Maka ketika anakannya sudah memungkinkan untuk mandiri, bisa dilakukan pemisahan dari induknya.

Letakkan terlebih dahulu di tempat teduh selama kurang lebih 1-4 hari. Setelah itu secara bertahap dipindahkan ke tempat yg terkena matahari langsung.


Oke segitu aja dulu ya artikel kali ini tentang Plantania. Terimakasih sudah menyimak, selamat mencoba. Mencintai tanaman, membuat hati menjadi bahagia.

Penulis : Dina DM