Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, sektor teknologi adalah sektor yang paling maju signifikan. Sektor Teknlogi bisa tumbuh dan maju secara signifikan karena adanya pembatasan sosial yang dilakukan selama masa pandemi ini. Universitas Hasanudin Makassar membuat sebuah event untuk membantu mahasiswa bisa tetep berkreasi dan produktif selama masa pandemic ini. Festival apakah itu? So, people let’s talk bout it!

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada semua sektor kehidupan. Bukan hanya Kesehatan, pandemic ini juga berdampak pada aspek ketahanan ekonomi dan sosial lainnya. Dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan pendapatan negara, peningkatan belanja negara, peningkatan belanja negara dan pembiayaan. Universitas Hasanudin Makassar membuat festival Hasanuddin Techno Fest #6 dengan tema,”Pemulihan Ekonomi Nasional, Melalui Inovasi dan Teknologi”.

Hasanuddin Techno Fest #6 mengadakan dua perlombaan, yaitu Lomba Esai Nasional dan Robot Design Contest. Kita coba bedah untuk masing-masing perlombaan ini!

Lomba Esai Hasanuddin Techno Fest #6 adalah Lomba Esai Tingkat Nasional dengan tema,”Menjawab Tantangan Pembangunan Desa dengan inovasi dan Teknologi”. Pesertanya sendiri adalah individu ataupun team maksimal 2 orang. Pesertanya ini terbuka untuk mahasiswa D3, D4 dan S1 dan tentunya harus dari perguruan tinggi yang sama yaa! Biaya pendaftaran untuk mengikuti Lomba Esai Hasanudin Techno Fest #6 dikenakan sebesar Rp50.000,-/Karya. Info dan pendaftaran kalian bisa langsung (Klik Dsini). Fasilitas yang kalian dapatkan apabila mengikuti perlombaan ini adalah E-sertifikat, Merchandise, Trofi, dan uang pembinaan untuk finalis dan pemenang. Untuk info lebih lanjutnya, kalian bisa menghubungi Sri Wahyuni (Klik Dsni).

Untuk Robot Design Contest Hasanuddin Techno Fest #6 mengambil tema,”Inovasi Robotika dalam menghadapi Tantangan di Masa Pandemi Covid-19”. Untuk pesetanya adalah 1 team yang terdiri dari 2-3 orang. Terbuka untuk mahasiswa D3, D4 atau S1, dan tentunya harus dari perguruan tinggi yang sama ya! Biaya pendaftarannya ini dikenakan biaya sebesar Rp100.000,-tim. Info Pendaftaran kalian bisa (Klik Dsni). Fasilitas yang didapat apabila kalian mengikuti lomba ini adalah E-Sertifikat, Merchandise, Trofi, uang pembinaan untuk finalis dan pemenang. Untuk info lebih lanjut kalian bisa menghubungi Ardiansyah (Klik Dsni).

Selain itu, kalian bisa menambah ilmu dengan mengikuti Pameran Teknologi dengan tema,“Inovasi dan Teknologi Sebagai Solusi Permasalahan Bangsa”. dan Seminar Nasional dengan tema,“Menarapkan Inovasi dan Teknologi untuk Pembangunan Desa Menuju Pemulihan Ekonomi Nasional”. Yang paling penting acara ini FREE loh! Ajak teman-teman seangkatan kalian untuk ikut seminar dan pameran ini yaa!

Mengenai timeline acaranya pendaftaran dan pengumpulan Esai dimulai dari tanggal 23 April 2021 sampai dengan 13 Mei 2021. Lalu dilanjutkan penilain pada tanggal 14 Mei sampai dengan 18 Mei 2021. Untuk pengumuman lolos ke babak final akan di umumkan tanggal 20 Mei 2021. Untuk peserta yang masuk ke Final akan ikut technical meeting Finals di tanggal 27 Mei 2021. Di tanggal 28 Mei 2021 presentasi finalis dan keesokkannya di tanggal 29 Mei 2021 pengumuman Juara.

Daftarkan diri dan team kalian sekarang juga yaa! Karena Total hadiah yang bisa kalian dapatkan ada Rp15.500.000! Kalian bisa kepoin Instagram Hasanuddin Techno Fest #6 di hasanuddintechnofest_6 (Klik Dsni) dan websitenya di htf6.tech (Klik Dsni).

Bagi kalian yang tertarik untuk mendaftarkan usaha dan event seperti pensi, festival dan tournament bisa banget untuk mempromosikan di The Review dan The Event. Artikel ini akan terbit di setiap minggunya yaa! Usaha dan Acara kalian akan berkesempatan untuk di baca oleh ratusan pembaca di setiap harinya. Caranya kalian bisa email di [email protected] atau WA ke Dika (Klik Dsni). Kalian bisa kepoin kita di Instagram barisandepan_com (Klik Dsni) dan channel youtube kita di barisandepan (Klik Dsni). Kalian akan mendapatkan info terbaru di setiap minggunya!

Tetap Pakai Masker, Tetap Jaga Jarak, dan Tetap Rajin Cuci Tangan Sesering mungkin yaa! Sampai Jumpa!