Proses menyusui buah hati adalah proses yang sangat membahagiakan hati para ibu. Tidak sedikit ibu yang galau karena ASI yang tidak keluar atau mampet. Ada pula ibu yang bisa memberikan ASI tapi mengalami puting lecet atau nyeri saat menyusui.

Pada saat si kecil sudah menangis, ibu bisa dihantui rasa takut dan rasa sakit yang sudah terbayang dibenak ibu, lalu tidak sedikit yang menyerah untuk tidak mau menyusui si buah hatinya. Ini sangat menyedihkan sekali.

Selain puting nyeri pada saat menyusui, ada juga kasus dimana puting hingga lecet dan berdarah. Hal ini akan memperparah keadaan si ibu apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Tapi tenang saja bu, banyak loh caranya agar ibu dapat mengatasi nyeri puting pada saat menyusui. Apa saja? Simak yuk cara berikut ini.

Pelekatan Menyusui yang Tepat

Puting nyeri pada saat menyusui bisa jadi karena bayi belum bisa melakukan pelekatan yang tepat. Tidak hanya bayi yang baru lahir, ibu baru pun harus sama-sama belajar dengan bayinya untuk melakukan pelekatan yang tepat, sehingga menyusui menjadi nyaman dan ibu bebas dari rasa nyeri.

Bibir bayi pada saat menyusu harus bisa berada disebagian besar aerola ibu atau seluruh aerola ibu masuk ke dalam mulutnya, inilah pelekatan yang tepat untuk menyusui.

Gunakan Krim Untuk Puting yang Aman

Pada saat puting ibu mulai mengalami kemerahan dan lecet, maka ibu membutuhkan krim untuk melembabkan kemudian juga mengurangi rasa nyeri dan lecet pada puting ibu.

Pilihlah krim yang aman apabila tertelan oleh bayi pada saat menyusu. Namun, apabila ibu ragu, ibu bisa membersihkan krim tersebut dari puting ibu sebelum ibu menyusui si buah hati.

Baca Juga:  Mitos atau Fakta Bayi Sebelum Usia 40 Hari, Tidak Boleh Dibawa Keluar Rumah?

Gunakan Corong Pompa ASI yang Tepat

Apabila ibu seorang pekerja yang harus memompa ASI untuk si kecil, ada baiknya ibu memilih corong yang tepat. Corong pompa ASI banyak ukuran dan bentuknya, pemilihannya disesuaikan dengan ukuran payudara ibu.

Pemilihan corong yang tepat akan membuat ibu menjadi nyaman dan terhindar dari rasa nyeri dan lecet pada puting ibu.

Gunakan ASI Sebagai Obat dan Pelembab

ASI yang kaya dengan gizi yang baik untuk di kecil dapat menjadi obat juga untuk ibu. Sebelum menyusui ibu bisa mengeluarkan dulu sedikit ASI lalu ibu mengoleskannya disekitar puting ibu. Ini bisa menjadi obat menghilangkan rasa nyeri dan menjadi pelembab alami yang sangat aman untuk ibu dan bayi.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi puting nyeri dan lecet. Jadi, jangan takut lagi ya bu untuk menyusui si kecil. Tidak ada asupan yang baik untuk bayi usia 0-6 bulan selain hanya ASI saja. Semangat menyusui ibu!