(Foto: screenshot Instagram UIN Ar-raniry)

Wisuda menjadi momen dambaan setiap mahasiswa. Dimana wisuda menjadi puncak pencapaian seseorang dalam menempuh pendidikan tinggi. Mendapatkan gelar sarjana di depan ratusan mahasiswa lain ditambah kehadiran orang tua akan menjadi momen tak terlupakan dan juga membanggakan.

Namun di Aceh, muncul sebuah momen tak biasa yang sangat mengharukan. Yang biasanya kehadiran orangtua di wisuda anaknya adalah untuk menyaksikan anaknya mendapatkan gelar sarjana, tetapi ini ada seorang ayah menghadiri wisuda untuk menggantikan putrinya yang telah meninggal.

Peristiwa ini terjadi di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Rabu (27/2/2019). Di antara deretan wisudawan bertoga yang naik ke atas panggung untuk menerima ijazah, ada seorang pria yang ikut berbaris. Dia adalah ayah dari almarhumah Rina Muharrami yang merupakan lulusan program studi Kimia Fakultas Tarbiyah.

Detik-detik ayah Rina menggantikan anaknya wisuda diunggah oleh akun Instagram dan Youtube resmi UIN Ar-Raniry. Ayah Rina yang berkemeja dan berpeci dengan tegarnya saat naik ke atas panggung. Sang ayah menerima ijazah Rina lalu bersalaman dengan rektor dan dekan di atas panggung. Dia juga dipeluk lalu mendekap erat ijazah putrinya itu dan turun dari panggung.

Rina telah sukses menyelesaikan sidang skripsinya pada 24 Januari 2019 lalu. Namun beberapa hari kemudian, dia jatuh sakit dan meninggal. Momen ayah menggantikan putrinya wisuda ini membuat banyak para netizen haru. Kolom komentar Instagram UIN Ar-Raniry dibanjiri pujian untuk sang ayah dan doa untuk almarhumah Rina.