Manfaat Dari Pahitnya Pare
Manfaat Dari Pahitnya Pare

Pahit adalah hal pertama yang terbayang di benak kita ketika mendengar nama Pare. Rasa pahitnya yang dominan membuat sebagian besar orang tidak menyukai pare. Padahal di balik rasa pahitnya itu pare mengandung banyak khasiat yang berguna untuk tubuh. Bagaikan obat pahit yang menyembuhkan pasien dari penyakitnya.

Tetapi tidak sedikit pula orang yang menyukai Pare, meskipun pahit rasanya. Pare banyak ditemukan di dalam makanan seperti siomay atau sayuran. Biasanya orang-orang mengonsumsi pare sebagai makanan yang sudah dicampur bahan lainnya agar memudar rasa pahitnya.

Kandungan dalam pare di antaranya mengandung serat yang tinggi seperti umumnya sayuran-sayuran lainnya. Di dalamnya terdapat Kalsium, Beta-Karoten, Kalium, Tiamin, dan lainnya. Banyak pula nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik. Pare kaya akan vitamin dan mineral bukan hanya di buahnya, tetapi juga daunnya.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat Pare di antaranya yaitu:

  1. Menurunkan Demam

Zat Charantin dan Alkaloid dalam Pare bermanfaat untuk meredakan demam. Tidak hanya di buahnya, di daunnya pun terdapat dua zat yang sama dan khasiat yang sama.

  1. Mengendalikan Gula darah

Seperti Insulin, Pare membawa glukosa dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak untuk mencegah penumpukan glukosa dalam darah.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Terdapat kandungan Flavonoid di dalam pare seperti Alpa-Karoten, Beta-Karoten, Lutein, dan Zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Membantu Mengatasi Kanker

Dalam kasus ini masih banyak pengkaji yang terus menelitinya. Tetapi Pare diyakini dapat membunuh sel kanker di usus besar, perut, dan paru-paru.

  1. Membantu Melawan Inflamasi

Zat Antioksidan di dalam Pare membantu meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Sembelit

Banyaknya serat dalam Pare membantu melancarkan proses pencernaan manusia dan mengatasi sembelit.

Baca Juga:  Ini 6 Dia Alasan Anda Harus Memilih RS Sari Asih

Perlu anda perhatikan, meskipun Pare memiliki banyak manfaat namun ia juga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Sebaik-baiknya makanan pun akan membawa efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan.

Penelitian mengungkap, pare dapat mematikan sperma, memicu impotensi, merusak buah zakar, dan merusak hati jika konsumsi secara berlebihan dan sembarangan. Kita juga mengetahui bahwa sebuah obat bisa menjadi penyakit jika kita berlebihan meminumnya atau biasa kita dengar dengan over dosis.

Maka apapun anda yang konsumsi, sebaiknya perhatikan agar tidak berlebihan sehingga anda mendapat manfaat-manfaat yang anda tuju.

Info kesehatan lainnya bisa Anda dapatkan di web www.sariasih.com

Baca juga :

Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19