Semakin banyak penyakit baru yang bermunculan membuat banyak orang-orang zaman sekarang mencari berbagai cara untuk pengobatan dalam penyembuhan penyakit.

Pengobatan alternatif saat ini sudah memiliki nilai yang tinggi di kalangan masyarakat menengah bawah dan atas. Salah satunya adalah pengobatan alternatif bekam.

Bekam sudah diajarkan dari zaman nabi untuk penyembuhan banyak penyakit. Tapi yang perlu diingat semua penyembuhan suatu penyakit bukan didasarkan atas cara pengobatan, namun atas seizin Yang Maha Kuasa, cara pengobatan hanyalah perantara untuk mendapatkan kesembuhan.

Bekam tidak hanya dipercaya untuk menyembuhkan suatu penyakit, namun juga dipercaya sebagai cara untuk mencegah penyakit datang menyerang, atau kata lain sebagai cara untuk menjaga kesehatan.

Bagi yang belum mengetahui bekam, yaitu sebuah pengobatan alternatif yang menggunakan scop atau mangkuk kecil yang ditaruh di atas kulit kita. Dahulu biasanya mangkuk kecil tersebut terbuat dari kaca, bambu atau tembikar yang dipanaskan.

Namun, saat ini bekam sudah lebih banyak berkembang. Dengan menggunakan mangkuk kecil yang di tempelkan di kulit kita lalu seperti di sedotkan ke kulit dengan alat penyedot khusus bekam.

Bekam juga dilakukan dengan menusukkan jarum kecil dengan alat seperti pulpen ke kulit, namun jarum kecil ini tidak menusuk hingga dalam, hanya di permukaan kulit yang dipercaya untuk mengeluarkan darah kotor. Bagi anda yang takut denga jarum yang menusuk ke kulit, tenang saja. Jarum yang menusuk tidak akan terasa sakit, mungkin akan terasa seperti sensasi geli.

Biasanya sebelum dilakukan bekam, pasien akan dipijat dahulu karena akan memperlancar aliran darah pada pasien.

Sebelum melakukan bekam dengan jarum ini, anda harus memastikan jarum yang digunakan baru dibuka dari kemasannya, jangan mau apabila jarum yang digunakan adalah jarum yang bekas pakai orang lain, karena ini bisa menyebabkan tertularnya penyakit orang lain.

Tapi, banyak praktisi medis yang tidak mempercayai bekam ini. Pada tahun 2012 dilakukan penelitian yang menyatakan bahwa terapi bekam ini hanya sebuah terapi yang menerapkan sugesti saja. Ada pula yang menyatakan bahwa terapi bekam untuk menyembuhkan suatu penyakit harus disertai dengan pengobatan medis lainnya.

Namun, bagi anda yang memiliki penyakit berat atau ibu hamil, mungkin sebelum melakukan bekam ada baiknya anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter anda.