Mungkin bagi anda masih bingung apa itu VBAC?

VBAC adalah Vaginal Birth After Caesarea atau melahirkan normal pervaginam setelah melakukan operasi caesar. Lalu apakah mungkin?

Perempuan yang melahirkan anak sebelumnya dengan operasi caesar maka seperti sudah tidak memiliki harapan lagi untuk melahirkan normal pervaginam. Ini adalah anggapan yang mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Namun, saat ini VBAC sudah menjadi isu yang banyak yang di buktikan berhasil oleh banyak perempuan di Indonesia. Sekitar 60-80% perempuan berhasil melakukan VBAC ini atau melahirkan normal pervaginam.

Tidak banyak memang dokter dan Rumah Sakit yang mendukung VBAC ini, karena dianggap memiliki tingkat resiko yang sangat tinggi, dan tidak banyak Rumah Sakit yang siap melakukan operasi caesar secara darurat.

VBAC adalah tindakan yang memiliki resiko tinggi, sehingga hanya perempuan yang dipilih secara selektif sajalah yang boleh melakukan VBAC ini. Perempuan dengan kehamilan yang resiko tinggi pasti tidka akan di perbolehkan untuk melakukan VBAC ini.

Ada beberapa tips sebelum kamu melakukan VBAC (Vaginal Birth After Caesarea) :

  1. Jaga jarak kehamilan sebelumnya dengan kehamilan selanjutnya. Jarak yang terlalu singkat mungkin akan membuat anda gagal untuk melakukan VBAC ini.
  2. Perkuat tekad anda dengan banyak membaca dari banyak penelitian ahli atau pendapat ahli, serta dari website resmi yang berhasil melakukan VBAC
  3. Perbanyak dan perluas jaringan anda. Tidak semua Dokter dan Rumah Sakit menyetujui dan bersedia membantu anda untuk VBAC. Dukungan ini sangat dibutuhkan untuk anda, dan jangan cepat putus asa untuk mencari Dokter dan Rumah sakit yang akan mendukung tindakan VBAC ini.
  4. Percaya diri dan berdayakan diri anda semaksimal mungkin demi mewujudkan VBAC ini
  5. Selain Tenaga kesehatan yang akan mendukung anda untuk VBAC, pastikan keputusan anda juga di dukung oleh suami dan keluarga terdekat, karena hal ini akan membuat anda merasa didukung dan diberi kekuatan oleh orang-orang disekitar anda.
  6. Pastikan asupan yang anda makanan bergizi tinggi serta lakukan aktifitas yang sesuai dengan kehamilan anda.

Mungkin VBAC masih terdengar tabu dan menakutkan bagi beberapa orang. Namun, sudah banyak cerita yang bertebaran di luar sana yang berhasil melakukan VBAC. Yang paling penting dibutuhkan adalah kepercayaan diri anda untuk memberdayakan diri anda untuk siap melakukan VBAC ini.