Pernah dengar kalau bayi sebelum usia 40 hari tidak boleh dibawa keluar rumah? Di Indonesia banyak sekali orang yang mempercayai bahwa bayi sebelum usia 40 hari tidak boleh dibawa keluar rumah.

Mitos yang beredar bahwa bayi akan akan diganggu oleh makhluk halus dan penyakit yang mengintai. Kalau untuk penyakit yang mengintai si bayi mungkin akan benar, namun bagaimana dengan mitos bayi yang diganggu oleh makhluk halus?

Sebenarnya dari mitos yang beredar ada alasan logis yang jauh lebih bisa diterima oleh nalar kita, kenapa bayi sebelum usia 40 hari tidak boleh keluar rumah. Tidak membawa bayi keluar rumah untuk bepergian sebelum usia 40 hari mungkin akan menjadi pilihan yang bijak. Mengapa? Simak yuk!

1. Pemulihan Pasca Melahirkan

Source: aboutkidshealth.com

Waktu selama 40 hari adalah waktu yang terbaik dan cukup untuk bunda memulihkan kesehatannya selama pasca melahirkan.

Bagi bunda yang melahirkan dengan proses persalinan normal, masih ada kemungkinan untuk perdarahan dan bagi bunda yang melahirkan dengan proses persalinan caesar akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama lagi.

2. Bayi Baru Lahir Masih Cukup Merepotkan

Source: happiestbaby.com

Bunda dengan bayi yang baru lahir masih sibuk untuk menyesuaikan diri untuk mengurus dan beradaptasi. Selain itu bayi yang baru lahir juga masih akan sering buang air kecil dan buang air besar, sehingga hal tersebut juga akan merepotkan bunda untuk menggantinya.

Tidak semua tempat umum atau tempat perbelanjaan memiliki ruang khusus untuk bayi. Selain itu juga bunda dan bayi masih dalam proses belajar meyusui. Bunda membutuhkan tempat yang nyaman untuk bisa menyusui bayinya.

3. Daya Tahan Tubuh yang Masih Rentan

Baca Juga:  Sunat Pada Bayi Laki-Laki Baru Lahir. Amankah?
Source: hallodokterku.com

Bayi yang baru lahir masih memiliki daya tahan tubuh yang masih sangat rentan tekena penyakit. Ketika dibawa keluar rumah maka bayi akan bertemu dengan banyak orang, kita tidak bisa memastikan bahwa orang tersebut sehat atau tidak.

Sistem kekebalan tubuhnya masih menyesuaikan dengan lingkungan luar yang baru baginya. Selain itu suara yang terlalu keras dan cahaya yang terlalu terang akan membuat bayi merasa terganggu.

Jadi sebenernya bukan mitos kenapa bayi tidak boleh keluar rumah untuk bepergian sebelum usia 40 hari bukan karena akan diganggu makhluk halus ya bun, tapi banyak alasan yang lebih logis lagi ya bun.