Ciee yang sudah punya rekening efek hahaha Senang ya rasanya sudah bisa ikut menjadi bagian investor lokal yang ingin memajukan pasar modal Indonesia. Terus sudah nentuin pilihan untuk mulai membeli saham pertama kamu? Atau malah bingung mau beli saham pertamamu yang mana? Mudah kok, tapi sebelumnya gw akan coba memperkenalkan saham dari jenisnya dulu ya.

Yang pertama itu ada Saham bluechip. Saham bluechip atau big cap bisa diartikan sebagai saham papan atas atau saham unggulan. Artinya, saham yang masuk dalam kategori ini adalah saham dengan angka kapitalisasi pasar yang besar yakni di atas Rp 40 Triliun. Saham bluechip ini bisa dibilang nomer satu dalam bidang industry mereka. Terus contohnya saham bluechip itu apa aja? Contohnya itu ada Unilever, Telkom, BCA, BRI, Charoen Pokphand, Astra, Indofood dan masih ada lainnya. Umumnya saham bluechip ini memiliki nilai yang tinggi untuk 1 lotnya.

Lalu yang kedua ada saham second liner. Nah saham second liner ini adalah saham favorit gw. Gw seneng mencari saham yang berpotensi menjadi bluechip di beberapa tahun kedepan. Di tambah lagi saham ini masih tergolong ramah di kantong untuk 1 lotnya. Namun kalian harus memperhatikan ekstra mengenai laporan keuangannya ya. Oke, gw coba jelasin dulu pengertian saham Second liner ini. Saham second liner adalah saham yang tidak termasuk dalam daftar saham unggulan. Umumnya memiliki kapitalisasi pasar maupun likuiditasnya lebih kecil dari saham bluechip. Nilai kapitalisasi untuk saham second liner ini adalah 500 Milyar – 10 Triliun. Untuk fundamental perusahaan second liner ini cukup baik, tapi seperti yang dibilang sebelumnya kalian kembali harus melakukan pengecekkan setiap kuartal laporan keuangannya agar kalian mengetahui pertumbuhan perusahaan second liner. Contoh perusahaan second liner ada Sido Muncul, Japfa, XL, Antam, Ultrajaya, dan lain-lainya.

Dan yang terakhir itu ada saham third Liner atau saham lapis ketiga. Saham ini sering dibilang saham gorengan. Untuk gw pribadi gw paling anti untuk beli saham gorengan. Karena jujur aja ya saham ini bikin kalian was-was, Senam Jantung dan bikin emosi kalian jadi gak stabil. Saham third liner ini umumnya memiliki volatilitas harga yang sangat tinggi. Saham third liner ini sering menjadi incaran spekulan karena harga sahamnya dapan melonjak tinggi lalu tiba-tiba turun drastis.

Nah untuk tips gampangnya sesuai isi buku “yuk nabung saham” yang gw baca karya bapak Nicky Hogan yang di terbitkan tahun 2017. Beliau menjelaskan saham tuh mudah kok. Kalo kalian awam dengan fundamental dan teknikal mulai lah dengan membeli saham yang produknya sering kalian lihat, kalian pakai, dan yang kalian tahu. Ingat kita harus jadi investor kepo dulu ya buat mulai membeli saham lot pertama kita. Karena ini penting buat tau bisnis usahanya, prospeknya bagaimana dan siapa aja yang jadi pemegang saham perusahaan itu.

Kalo kalian sudah menentukan saham pertama yang mau dibeli itu bagus banget! Mulai lah mencicil hingga saham itu bisa menghidupi keperluan kalian selama satu bulan penuh. Loh memang bisa? Bisa dong, caranya dengan mulai mencicil hingga 1 juta lembar. Tentunya kalian akan mencapai tahap financial Freedom. Ada kok yang sudah mencapai itu. Kalo dari luar negeri ada Eyang Warren Buffet. Kalo ada yang belum tau siapa itu Eyang Warren Buffet kalian coba browsing di internet atau nanti mungkin gw bisa membuat artikel tentang beliau di artikel selanjutnya. Kalo di Indonesia ada bapak Lo Kheng Hong. Kisahnya inspirasional banget kalo menurut gw. Semoga kita bisa seperti beliau-beliau di atas ya!

Sudah di akhir artikel gw di minggu ini ya hehe Good newsnya gw akan coba menulis artikel dua kali di setiap minggunya. Jadi kalian bisa terus update pengetahuan tentang pasar modal dan nabung saham kalian di Barisandepan.com. Terima kasih yang sudah mulai buka rekening efek yang tandanya kalian secara gak langsung membantu Indonesia untuk membuat pasar modal kita menjadi maju. Mulailah menabung saham di setiap bulannya ya. Dan jangan lupa follow instagram gw di @getardikautama atau kalian bisa dengerin podcast gw di nabungholic serta kalo ada pertanyaan seputar nabung saham bisa kirim pertanyaan di email gw getardika@gmail.com. Sesama investor pemula dan investor receh dan kepo kita bisa sharing informasi ya. Sampai jumpa dan sampai ketemu di artikel selanjutnya! Bye!

Baca Juga:  Yuk, Kenali Tips Kunci Makeup Untuk Kulit Berminyak!