Buah-buahan memiliki segudang manfaat yang berasal dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Namun, ada buah yang ternyata tidak boleh dikonsumsi berlebihan seperti oleh pengidap diabetes. Terlebih lagi sebagian besar jenis buah memiliki rasa yang manis karena kandungan gula di dalamnya.

Buah yang manis dengan kandungan gula tinggi cenderung memicu kenaikan gula darah. Berbahayanya bagi pengidap diabetes karena kandungan gula tersebut tak lagi mampu terserap sebagai energi. Jadi, sebaiknya dihindari oleh para pengidap diabetes karena dapat memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Namun, bagi para pengidap diabetes tetap boleh mengkonsumsi beberapa buah berikut ini, namun tetap dengan porsi yang wajar.
Berikut adalah beberapa jenis buah yang perlu dihindari bagi pengidap diabetes :

ANGGUR

Anggur merupakan buah yang dikonsumsi bersamaan dengan kulitnya, sehingga bisa menjadi sumber serat yang baik. Selain itu, anggur juga merupakan sumber vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan memperbaiki mood.

Anggur sangat kaya dengan kandungan karbohidratnya. Tubuh akan memecah kandungan tersebut menjadi gula, lemak, dan serat. Terlalu banyak gula yang masuk ke tubuh dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Dalam satu buah anggur kecil saja, setara dengan 1 gram karbohidrat. Namun, karena ukurannya yang kecil, sering kali seseorang menyantapnya dalam jumlah banyak.

Jadi, jika diabetes mengonsumsi anggur secara berlebihan, gula darah bisa meningkat dengan cepat.

CERI

Sama dengan anggur, buah ceri biasanya dikonsumsi karena sangat mudah dikonsumsi dan manis. Hal ini membuat kita seringkali tak berhenti saat mengonsumsi ceri, sehingga bisa membuat asupannya berlebihan. Dalam satu buah ceri ukuran kecil, setara dengan 1 gram karbohidrat yang jika dikonsumsi berlebihan bisa memicu gula darah meningkat.

Baca Juga:  5 Buah yang Dapat Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Cepat

NANAS

Buah Nanas menawarkan kombinasi rasa asam dan manis yang khas dan menyegarkan. Namun, Nanas yang terlalu matang dapat mengandung indeks glikemik yang tinggi. Pengidap diabetes perlu memperhatikan besarnya potongan nanas yang dikonsumsi karena kadar karbohidrat dan gula pada nanas yang masuk ke tubuh. Potongan nanas yang tebal memicu kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Sebisa mungkin, hanya konsumsi setengah gelas sajian nanas untuk mencegah kadar gula darah meningkat. Dan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kadar gula darah bisa meningkat secara drastis.

MANGGA

Rasanya yang manis selalu membuat mangga menjadi buah primadona. Buah Mangga mengandung kadar serat tinggi, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin C, A, E, K, dan B. Selain itu, Mangga juga mengandung polifenol, triterpene, dan lupeol yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiperadangan.

Sayangnya, dalam satu buah mangga ukuran sedang mengandung 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula. Cukup konsumsi setengah buah mangga bagi para pengidap diabetes. Mangga yang terlalu matang juga mengandung indeks glikemik tinggi, sehingga bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsinya.