Kacang kedelai meskipun kecil ternyata banyak sekali manfaatnya. Hal itu karena zat-zat gizi di dalamnya sangat melimpah.

Kandungan vitamin kedelai terdiri dari vitamin K, riboflavin, folat, vitamin B6, thiamin, dan vitamin C. Sedangkan untuk mineralnya, kedelai mengandung sejumlah zat besi, mangan, fosfot, potassium, kalsium, dan lain sebagainya.

Kandungan nutrisinya yang sangat melimpah ini, tak heran jika manfaat kedelai begitu banyak bagi tubuh. Bahkan bisa bantu kamu untuk terhindar dari penyakit-penyakit besar yang sangat berbahaya misalnya saja kanker.

Berikut 5 manfaat kedelai untuk kesehatan :

MENCEGAH KANKER

Manfaat kedelai yang pertama adalah bisa membantu dalam mencegah penyakit kanker. Memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, kedelai ternyata mampu mencegah timbulnya berbagai jenis kanker.

Si kecil dengan kaya antioksidan ini bertugas untuk menetralkan radikal bebas yang merupakan produk sampingan berbahaya dari metabolisme sel. Radikal bebas ini dapat menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker yang mematikan.

Selain antioksidan, kedelai juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini juga berkaitan dengan penurunan risiko kanker usus besar. Serat ini membantu mengurangi proses pencernaan dan mengurangi ketegangan pada sistem gastrointestinal.

MENJAGA KESEHATAN JANTUNG

Kedelai merupakan sumber lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini memungkinkan kamu untuk mencegah kondisi seperti aterosklerosis, yang dapat dengan mudah menyebabkan serangan jantung dan stroke. Selain itu, kedelai juga memiliki serat larut yang akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.

MENINGKATKAN FUNGSI METABOLISME

Manfaat kedelai lainnya adalah bisa meningkatkan fungsi metabolisme. Kedelai merupakan salah satu penghasil protein yang besar. Bila kamu memiliki cukup protein dalam tubuh, maka fungsi metabolisme dan keseluruhan sistem tubuh akan berfungsi dengan maksimal.

Protein ini berfungsi untuk membangun sel dan pembuluh darah di setiap bagian tubuh. Protein dari kedelai dapat memastikan kesehatan dan pertumbuhan sel dengan tepat. Kedelai dapat menjadi pengganti protein yang biasanya didapatkan pada daging merah, ayam, telur, produk susu, dan ikan.

MENGATUR BERAT BADAN

Kedelai dan semua produk olahannya dikaitkan dengan penekanan nafsu makan, dimana hal ini dapat membantu menghilangkan nafsu makan yang berlebihan.

Namun, perlu diketahui kedelai juga menyediakan jumlah serat dan protein yang layak untuk meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau menambah berat badan bisa dengan kedelai.

MEMPERBAIKI KESEHATAN TULANG

Kandungan vitamin, mineral, kalsium, seng, dan sebagainya yang terdapat pada kedelai sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang kamu. Semua nutrisi ini penting untuk mempromosikan aktivitas osteotrofik. Aktivitas ini memungkinkan tulang baru tumbuh dan juga mempercepat proses penyembuhan tulang.

Mengonsumsi kedelai bisa menjadi solusi jangka panjang untuk masalah seperti osteoporosis yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.