Berpuasa di bulan suci Ramadan merupakan salah satu kewajiban Umat Islam. Puasa sendiri memiliki arti menahan diri, dari lapar, haus serta hawa nafsu, juga semua hal yang dapat membatalkan puasa.

Pada dasarnya puasa akan batal jika terdapat benda, baik itu makanan atau cairan yang masuk ke dalam mulut dan tertelan sampai melewati lambung. Nah, berikut ini hal yang Membatalkan Puasa dan Mengurangi Pahala Puasa :
  1. Sikat Gigi

Tidak bisa dipungkiri jika pada saat berpuasa Anda akan mengalami masalah bau mulut. Hal ini pada akhirnya mengganggu aktifitas dan memancing diri anda untuk sikat gigi. Namun, di bulan puasa seperti ini menyikat gigi akan menimbulkan ketakutan akan batalnya puasa. Jadi, Anda bisa menyikat gigi dan berkumur setelah makan sahur, ini akan mengurangi masalah bau mulut selama berpuasa.

  1. Muntah Disengaja

Bukan hanya makan dan minum saja yang membatalkan puasa, muntah juga menjadi hal yang membatalkan puasa. Namun, jika Anda muntah secara tidak sengaja, misalnya merasa mual dan sedang tidak enak badan, maka boleh melanjutkan berpuasa.

  1. Merokok

Mengapa rokok dapat membatalkan puasa? Karena saat merokok, ada asap yang dihisap dengan sengaja dan masuk ke dalam anggota tubuh melalui mulut.

Rokok merupakan bahan organik yang mengandung tar dan nikotin. Itu artinya, zat rokok akan menetap di mulut, kerongkongan, paru-paru dan juga lambung. Itulah mengapa merokok dapat membatalkan puasa.

  1. berenang

Berenang bisa membuat Anda yang sedang berpuasa lebih bersemangat. Tetapi, jika pada saat berenang, ada air dari kolam renang yang tertelan, sudah dipastikan bahwa puasa akan batal. Untuk itu, agar puasa Anda tidak batal lebih baik tidak usah berenang selama bulan Ramadan.

  1. Menstruasi

Haid atau menstruasi adalah rutinitas yang dialami oleh kaum wanita setiap bulannya. Saat bulan Ramadhan, para wanita yang sedang menstruasi tidak boleh, bahkan diharamkan untuk berpuasa.

Jadi, apabila seorang wanita sudah makan sahur dan niat berpuasa, namun tiba-tiba keluar darah menstruasi maka puasanya sudah dianggap batal. Untuk itu, jika sedang menstruasi tidak boleh melanjutkan puasa. Anda bisa mengganti puasa di bulan-bulan lain.

  1. Emosi Berlebihan

Menjalankan ibadah puasa artinya menahan hawa nafsu mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Selain hawa nafsu, Anda juga diharuskan menahan emosi selama berpuasa.

Jika seorang yang sedang berpuasa secara tidak sadar mengeluarkan emosi secara berlebihan, maka puasanya akan batal karena tidak bisa menahan hawa nafsu amarah. Walaupun ada saja yang tetap melanjutkan puasanya, sesungguhnya mereka hanya menahan lapar dan haus tanpa mendapat pahala berpuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here