Wawancara memang menjadi tahapan yang menakutkan bagi sebagian pencari kerja. Dimana kadang pencari kerja sudah melatih dirinya agar tak melakukan kesalahan saat wawancara. Namun masih saja Anda gagal saat menghadapi wawancara kerja. Bisa jadi kegugupan yang menjadi penyebab utama. Kemungkinan kedua kamu merasa buntu dan tidak tahu harus melakukan apa ketika sedang dalam wawancara. Coba lakukan beberapa hal ini jika Anda benar-benar tidak tahu harus berbuat apa ketika sedang berada dalam tahapan wawancara.

Berikut empat hal yang dapat Anda lakukan ketika buntu saat wawancara kerja:

1. Tarik Napas Panjang

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika buntu dalam wawancara adalah menarik napas panjang. Menarik napas panjang membuat Anda jadi lebih rileks ketika stres melanda. Apalagi panik hanya dapat mengacaukan tahapan wawancara sehingga Anda tidak dapat menjawab segala pertanyaan yang ada. Untuk itu, tenangkan diri anda dengan menarik napas panjang lalu kembali fokus dengan wawancara Anda.

2. Jika Tidak Tahu Maka Bertanyalah

Jika Anda salah satu tipe orang yang pendiam saat wawancara maka berubahlah. Tidak komunikatif saat wawancara bisa jadi salah satu penyebab Anda gagal. Berusahalah buat suasana wawancara menjadi lebih komunikatif. Jika Anda memang tidak mengerti dan kurang paham maka jangan malu untuk menanyakan kembali hal tersebut sampai memahaminya.

3. Jangan Ragu untuk Mengatakan ‘Tidak Tahu’

Saat buntu terkadang pertanyaan yang tidak bisa anda jawab justru malah tidak terarah jawabannya. Jadi, jika Anda benar-benar tidak tahu apa jawaban yang diajukan oleh pewawancara maka jangan ragu untuk bilang “tidak tahu”. Mengarang jawaban justru akan memperburuk posisi Anda. Namun, usahakan Anda memahami dan menjawab segala pertanyaan yang ada.

4. Pewawancara Bukan Musuh Anda

Yang terakhir adalah pewawancara bukan musuh Anda. Pewawancara Anda nantinya akan jadi bagian dari tim, oleh karena itu bersikap sebagaimana dengan rekan kerja. Jangan terlalu kaku. Semakin Anda kaku, maka semakin sulit tahapan wawancara yang akan dilalui. Berusahalah untuk cair dan mengikuti alur wawancara tersebut dengan tenang.