Almond memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk kesehatan, almond dapat menyehatkan jantung, sarat dengan lemak tak jenuh tunggal, dan antioksidan. Sedangkan untuk kecantikan biasanya almond diaplikasikan sebagai minyak almond. Minyak almond memiliki dua jenis, yaitu minyak almond pahit dan minyak almond manis.

Kedua jenis minyak almond tersebut juga berasal dari dua pohon yang berbeda. Prunus dulcis var. amygdalus untuk almond manis dan Prunus dulcis var. amara untuk almond pahit. Minyak almond pahit lebih sering digunakan untuk aroma, sedangkan minyak almond manis bisa diaplikasikan pada kulit.

Minyak almond manis mengandung vitamin A, E, dan asam lemak

Minyak almond manis mengandung banyak air dan memiliki kemampuan untuk memerangkap asam lemak. Hal ini untuk menambah kelembapan dan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Minyak almond manis juga mengandung vitamin E, A, dan asam lemak alami.

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari stres oksidatif atau kerusakan akibat radikal bebas. Minyak almond mampu mencegah kerusakan struktural yang disebabkan oleh radiasi UV dan memiliki manfaat untuk memperlambat proses penuaan dini.

Vitamin A berfungsi untuk meningkatkan pergantian kulit dan membersihkan pori-pori agar kulit tetap halus. Sedangkan asam lemak dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Minyak almond telah digunakan selama berabad-abad untuk kecantikan kulit

Tidak heran jika minyak almond sudah digunakan dalam praktik perawatan kulit Tiongkok dan Ayurvedic kuno selama berabad-abad. Secara keseluruhan, minyak almond manis memang pelembap yang luar biasa untuk kulit, karena teksturnya tidak terlalu berat dan dapat diserap dengan baik oleh kulit.

Minyak almond sebaiknya digunakan pada bagian wajah atau tubuh. Kecuali, jika kamu memiliki eksim atau rentan terhadap jerawat, karena minyak ini tidak sepenuhnya non komedogenik. Carilah minyak almond yang organik, dingin, dan tidak dimurnikan.

Baca Juga:  Tips Jaga Kulit Wajah Agar Tetap Bercahaya Saat Puasa

Jadi Anda bisa kurangi melakukan treatment di klinik kecantikan untuk dapatkan kulit wajah yang cantik dan sempurna dengan hanya menggunakan minyak almond.