Bulan Puasa akhirnya tiba, bulan ramadhan bulan penuh berkah. Tapi tau kah kamu bahwa di bulan puasa justru pengeluaranmu akan lebih banyak dari bulan – bulan lainnya? Banyak yang menyangka di bulan puasa keuangan akan lebih mudah dihemat namun ternyata salah.
Pasalnya momen berpuasa dijadikan sebagai ajang untuk berkumpul bahkan reuni dengan cara ‘buka puasa bersama’. Belum lagi tawaran menggiurkan pakaian – pakaian yang dijual secara diskon besar – besaran, kamu tak akan bisa menahannya.
Ketika bulan puasa berakhir, tanpa sadar uang dan bahkan tabungan Anda juga ikut berakhir. Semua tergantung dari kebiasaan apa yang kamu lakukan di bulan puasa. Dan berikut ini ada 4 kebiasaan yang buat anda boros di bulan puasa :

1. Lapar Mata

Ketika bulan puasa tiba kebiasaan yang akan kamu lakukan adalah ngabuburit mencari menu buka puasa. Disaat inilah kamu harus berhati-hati, karena banyaknya makanan yang dijual akan mencoba menggodamu. Jangan sampai kalap karena lapar mata. Buatlah daftar periode menu berbuka puasa. Jadi, ketika sedang berburu menu berbuka, Anda sudah mengetahui apa saja yang ingin dibeli.

2. Buka Puasa Bersama

Tentu bulan puasa juga akan menjadi ajang untuk reuni. Mulai dari bukber teman semasa SD, SMP, SMA, kuliah bahkan hingga teman kantor pun akan mengajak Anda untuk berbuka bersama.

Berbuka bersama-sama memang lebih mengasyikan, namun jangan terlalu hobi buka puasa bareng ini akan buat kantong bisa jebol. Untuk itu, selektiflah untuk datang ke acara buka puasa bersama yang kamu inginkan.

3. Beli Baju untuk Lebaran

Kebiasaan yang biasa dilakukan di bulan puasa adalah membeli pakaian, terutama untuk lebaran. Banyak sekali diskon – diskon yang akan menggodamu untuk datang dan membeli paling tidak satu baju. Padahal Baju untuk lebaran itu tidak selalu harus baru, tapi stigma di masyarakat terlanjur jadi kebiasaan. Jika kamu memiliki baju yang memang masih bagus dan layak digunakan maka janganlah membelinya lagi.

4. Pesta Kembang Api

Kembang api tidak hanya muncul saat tahun baru tetapi juga di bulan puasa. Di bulan puasa biasanya anak- anak ramai membeli dan pesta kembang api. Namun bisa kita liat, selain buang – buang uang kamu, membeli kembang api justru tidak terlalu bermanfaat. Selain memang mengganggu ibadah kamu di bulan puasa, juga mengganggu orang lain dan berbahaya bagi anak – anak.