Badan Pegal

Badan mudah pegal terkadang sering dialami oleh banyak orang, namun tidak jarang orang-orang tersebut mengetahui penyebabnya. Jika kamu tidak mengetahui penyebab badan mudah pegal, tentunya kamu juga akan semakin sulit untuk menemukan cara untuk mengatasinya.

Kebanyakan orang mengalami badan pegal ini setelah beraktivitas seharian. Badan pegal dan nyeri biasanya disebabkan oleh kurangnya waktu tidur, pola diet yang salah, banyaknya aktivitas, stres dan lain-lain.

Penyebab badan mudah pegal dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan, dan akibat kondisi kesehatan tertentu. Oleh karena itu, dengan mengetahui penyebab badan mudah pegal yang dialami, kamu bisa menemukan cara untuk mengatasinya dengan baik.

Berikut 4 penyebab badan mudah pegal :

1. KELAINAN PADA OTOT

Penyebab badan mudah pegal yang pertama adalah adanya kelainan pada otot. Beberapa masalah kelainan otot meliputi kram, keseleo, peradangan otot, hingga gangguan otak menerima sinyal rasa sakit yang ditandai dengan nyeri tulang dan otot. Kamu harus berhati-hati bila mudah mengalami rasa pegal dan nyeri.

2. PENUMPUKAN ASAM LAKTAT

Penyebab badan mudah pegal selanjutnya adalah penumpukan asam laktat. Penumpukan asam yang terbentuk di dalam otot saat seseorang membutuhkan banyak energi ini biasanya terjadi setelah melakukan olahraga berat atau aktivitas berat lainnya. Melakukan pekerjaan fisik yang berat setiap hari, latihan otot di gym, hingga olahraga marathon dapat menjadi pemicu penumpukan asam laktat.

3. STRES

Selain itu, pennyebab badan mudah pegal juga bisa dipengaruhi oleh kondisi mental. Gangguan pada kesehatan mental atau stres juga dapat menjadi penyebab badan mudah pegal. Hal ini karena orang yang memiliki banyak masalah cenderung mudah panik dan stres, yang membuat otot-otot jadi menegang. Hal inilah yang nantinya menyebabkan badan menjadi mudah pegal.

4. KONSUMSI OBAT-OBATAN TERTENTU

Penyebab badan mudah pegal selanjutnya adalah karena efek samping obat-obat tertentu. Sebut saja obat anti kolesterol seperti statin (atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pravastatin, rosuvastatin, dan simvastatin). Oleh karena itu, kamu juga perlu memperhatikan konsumsi obat-obatan untuk penyakitmu, agar bisa mengatasinya dengan baik.