Berpuasa dalam perjalanan saat mudik membutuhkan energi tambahan. Energi ini bisa didapatkan dari beberapa makanan sehat seperti buah hingga sup ayam yang disantap saat sahur. Cuaca yang terik, dan perjalanan menuju kampung halaman yang jauh, bisa membuat tubuh lemas ketika berpuasa. Agar kondisi tubuh tetap fit dan tidak gampang lemas, konsumsi saja lima menu praktis ini saat sahur :

1. Oatmeal

Menu sahur praktis yang pertama adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan kaya akan serat sehingga bisa menjadi pilihan untuk kenyang lebih lama. Belum lagi kandungan protein dan lemak sehat didalamnya, bisa menambah asupan energi anda saat berpuasa. Disebut menu praktis karena penyajiannya hanya butuh waktu 5-10 menit saja. Untuk menambah selera makan anda, irisan buah segar seperti pisang atau kismis bisa menjadi tambahan yang tepat.

2. Roti Gandum

Menu sahur praktis yang kedua adalah roti gandum. Masyarakat indonesia terbiasa belum dikatakan makan jika belum makan nasi. Kandungan karbohidrat di dalam nasi putihlah yang membuat anda kenyang. Namun, ketika dalam perjalanan mudik akan sulit sahur dengan nasi maka anda bisa menggantinya dengan roti gandum. Mengonsumsi roti gandum saat sahur jauh lebih praktis dibanding nasi putih. Selain lebih praktis, mengonsumsi roti gandum lebih sehat dan mengenyangkan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan Roti gandum penuh dengan serat, vitamin B, hingga mineral seperti zat besi hingga magnesium. Kandungan serat pada gandum membuat perut tidak kembung karena memperlancar sistem pencernaan ketika berpuasa.

3. Pisang

Menu sahur praktis selanjutnya adalah mengonsumsi pisang. Pisang dikenal sebagai buah yang kaya akan potasium dan tergolong baik untuk sahur. Dikatakan tergolong baik karena pisang memiliki tekstur yang padat, serta mengandung vitamin dan serat. Hal tersebut dapat membantu tubuh anda untuk meningkatkan fungsi metabolisme. Selain itu pisang merupakan penyumbang energi bagi tubuh, sehingga tubuh anda tidak cepat lemas saat berpuasa.

4. Telur

Menu sahur praktis keempat adalah mengonsumsi telur. Telur mengandung protein, vitamin B6 hingga kalsium bagi tubuh. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan mata, otak, dan penambah energi. Dikatakan praktis karena telur mudah dimasak, baik menjadi telur rebus atau telur goreng. Pembuatannya pun tidak membutuhkan waktu lama serta tidak repot sehingga cocok sebagai menu sahur.

5. Sup Ayam

Menu sahur praktis yang terakhir adalah sup ayam. Sup ayam mudah untuk dibuat. Sup ayam kaya akan protein, mineral, nutrisi dan vitamin. Kandungan tersebut membuat tubuh anda tetap kuat berpuasa seharian penuh karena tubuh akan kenyang lebih lama. Belum lagi tambahan irisan sayuran seperti wortel, hingga kentang agar sup lebih lengkap.