Memasuki usia 6 bulan, bayi tidak lagi hanya diberikan ASI saja, tapi juga bayi mulai diperkenalkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Sudah terbayang dibenak para bunda, bahwa ini akan menjadi hal yang repot tapi juga merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Banyak bunda yang mulai menyiapkan peralatan MPASI dari jauh-jauh hari bahkan beberapa bulan sebelumnya. Mengingat banyak sekali peralatan yang harus disiapkan.

Tapi ternyata ada loh peralatan perang untuk memulai MPASI yang anti ribet dan anti repot. Bahkan semua peralatan ini akan terpakai tanpa mubazir bun. Apa saja itu? Yuk kita cek!

1. Peralatan Makan

Source: momyasia.id

Peralatan makan ini wajib ada ya bun, karena sendok dan peralatan lainnya khusus didesain untuk bayi. Peralatan makan untuk bayi ini harus aman dan sesuai dengan usia bayi yang baru memulai makan ya bun.

2. Baby Food Maker Set

Source: kiddypalace.com

Food maker ini digunakan untuk melumatkan makanan, memarut makanan, menyaring makanan dan lainnya. Tidak perlu alat yang mahal, satu set peralatan food maker ini pun sebenarnya sudah cukup ya bun.

3. Alat Memasak

Source: carousell.com

Tidak perlu alat yang mahal seperti slow cooker, bunda hanya butuh panci atau kukusan yang aman dan tidak lengket, agar terjamin kualitas makanan untuk bayi yang bunda buat.

4. Celemek

Source: amazon.com

Celemek berfungsi untuk menahan makanan tidak tumpah atau lengket terkena baju bayi. Karena proses makan pertama kali pasti akan penuh kejutan ya bun.

5. Blender

Source: gvado.com

Blender digunakan untuk membuat makanan bayi menjadi lebih halus. Banyak pilihan blender khusus membuat MPASI. Tapi bunda bisa memilih mini hand blender sebagai pilihan. Selain harga yang murah dan juga alatnya kecil, praktiqs, mudah dibawa bepergian.

6. Wadah Penyimpanan MPASI

Source: hanadora.com

Bunda membuat MPASI cukup satu kali saja untuk 2-3 makan, bunda bisa menyimpan MPASI dalam wadah kecil yang tertutup rapat dan disimpan di dalam freezer.

7. Booster Seat (Tempat Duduk Makan Bayi)

Source: babysafe.com

Pada saat makan bunda harus melatih sang bayi makan sambil duduk, karena ini akan menjadi kebiasaan yang baik. Dibutuhkan booster seat atau tempat duduk makan yang didesain khusus bayi karena akan terjamin keamanannya.

Itu dia peralatan MPASI yang tidak repot dan tidak akan mubazir ya bunda. Selamat memilih menu yang menyenangkan dan bergizi bagi si buah hati.