Menikah adalah sesuatu yang sangat diimpikan oleh setiap orang. Banyak persiapan yang harus disiapkan sebelum menikah. Mulai dari gedung acara, catering, make up, souvenir, gaun dan lain-lain.

Tapi pastikan kamu dan pasangan jangan melupakan untuk melakukan tes kesehatan ini sebelum menikah. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan dan riwayat kesehatan pasanganmu secara medis, agar tidak menimbulkan konflik pada saat sudah menikah nanti.

Tes kesehatan yang dilakukan sebelum menikah bukan berarti sebagai ajang mencurigai pasanganmu akan terkena penyakit, namun ini sebagai langkah antisipasi bagi kalian yang akan hidup bersama dalam waktu yang sangat lama.

Banyak yang mengabaikan pentingnya tes kesehatan sebelum menikah, padahal hal ini sangat penting dilakukan. Tes kesehatan apa saja yang perlu dilakukan? Mari simak ulasannya yuk!

  1. Cek Darah Lengkap, Golongan Darah dan Rhesus

Cek darah lengkap ini banyak sekali kegunaannya, kamu bisa mengetahui penyakit turunan yang mungkin ada pada kamu atau pasanganmu, seperti thalassemia yang akan menurun kepada keturunanmu nanti.

2. Cek Hepatitis B

Cek hepatitis ini dilakukan untuk mengetahui apakah pasanganmu mengidap penyakit hepatitis atau tidak. Karena hepatitis dapat menular walau dengan memakai alat makan yang sama.

3. Cek TORCH

TORCH ini dilakukan untuk melihat apakah ada penyakit Toxoplasma, Rubella dan Herpes, yang dapat ditularkan lewat kotoran hewan yang kebiasan konsumsi makanan mentah. Apabila terjangkit penyakit ini maka dapat mengakibatkan susah hamil, keguguran atau kelahiran premature.

4. Tes HIV dan Penyakit Menular Seksual

Apabila seorang laki-laki terkena HIV dan melakukan hubungan seksual dengan seorang wanita, maka wanita tersebut memiliki peluang yang sangat besar untuk terkena HIV, dan HIV ini pun dapat diturunkan kepada keturunannya, begitupun dengan penyakit menular seksual.

5. Tes Urin Lengkap

Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada infeksi saluran kemih atau gangguan pada fungsi ginjal.

6. Tes Glukosa Puasa

Tes glukosa puasa ini dilakukan untuk mendeteksi apakah ada kemungkinan untuk terkena penyakit diabetes atau memang sudah terkena penyakit diabetes. Karena penyakit diabetes dapat diwariskan kepada keturunan kalian nanti dan akan membahayan janin apabila sudah hamil nanti.

Saat ini setiap Rumah Sakit biasanya sudah memiliki paket lengkap untuk pemeriksaan sebelum menikah. Untuk masalah biaya tergantung pemeriksaan apa yang kalian ambil. Bagi kalian yang memiliki asuransi, biasanya ada beberapa asuransi yang mengcover biaya untuk pemeriksaan ini.

 

 

Berita sebelumyaKisah Haru Seorang Ayah Hadiri Wisuda untuk Gantikan Putrinya yang Meninggal
Berita berikutnyaSederet Vaksin Penting Sebelum Menikah yang Wajib Kamu Tahu!