Tidak terasa bukan sebentar lagi mendekati HPL, pasti mom sudah tidak sabar ingin bertemu sang buah hati yang di nanti-nanti selama 9 bulan ini ya. Tapi tunggu dulu mom, apa sudah dipersiapkan Hosital Bagnya?

Apa sih Hospital Bag itu?

Jadi, Hospital Bag adalah tas yang akan mom bawa ke Rumah Sakit untuk persiapan melahirkan. Hospital Bag berisi pakaian, perlengkapan untuk calon bayi dan juga untuk pakaian dan perlengkapan mom juga loh. Hospital Bag bisa mom siapkan dari jauh-jauh hari sebelum HPL ya mom. Karena melahirkan itu tidan menentu waktunya ya, bisa jadi sebelum HPL, pas HPL atau sudah lewat dari HPL. Pada saat keadaan emergency mau melahirkan, mom atau ayah dan keluarga tidak bingung lagi harus memasukan keperluan, biasanya kalau sudah mulas atau pecah ketuban, keadaan orang sekitar akan ikutan panik mom, hihi. Jadi, mom atau ayah dan keluarga bisa langsung menuju fasilitas kesehatan dan bisa langsung membawa Hospital Bagnya tanpa perlu khawatir lagi.

Source : kumparan.com

Lalu apa saja isinya? Yuk, kita lihat daftarnya mom untuk memastikan semuanya sudah masuk ke dalam Hospital Bag,

Hospital Bag Mom

  1. Daster atau baju bukaan depan

Mom, wajib nih membawa daster atau baju bukaan depan seperti kancing depan atau seleting depan, karena pada saat di Rumah Sakit nanti, mom akan mulai belajar menyusui bersama bayi tercinta. Pastikan bajunya nyaman dan tidak gerah ya mom, agar mom nyaman pada saat mulai menyusui. Untuk bawahannya itu sesuaikan saja dengan keinginan mom. Bisa menggunakan celana panjang atau celana pendek ya.

2. Bra Menyusui dan Underware

Pastikan mom membawa underware yang cukup atau bisa mom lebihkan untuk berjaga-jaga ketika ASI merembes dan membuat mom tidak nyaman. Karena mom harus menjaga kebersihan diri juga selama di Rumah Sakit.

Baca Juga:  Peralatan Pendukung Untuk Sukses ASI Selama Dua Tahun, Apa Saja ya?

3. Handuk

Handuk di butuhkan untuk mom mulai membersihkan tubuh setelah melahirkan. Biasanya tubuh mom akan terasa lengket atau tidak nyaman setelah berjuang melalui pembukaan yang menguras keringat. Kalau mom melalui proses caesaria, mungkin hari pertama mom tidak diperbolehkan untuk mandi, tapi di hari kedua mom biasanya sudab diperbolehkan untuk berjalan-jalan untuk membersihkan diri.

4. Pembalut Nifas

Pembalut nifas jangan sampai tertinggal ya mom. Karena setelah melahirkan akan ada darah nifas yang keluar, pada hari-hari pertama pasti darah nifas yang keluar akan cukup banyak, maka itu pastikan mom membawa cukup ya. Tapi beberapa rumah sakit ada yang menyarankan untuk menggunakan popok dewasa.

5. Perlengkapan Mandi dan Make Up

Perlengkapan mandi jangan sampai tertinggal ya mom, karena selain mom yang memakainya, ayah juga bisa ikut memakainya, karena pasti sangat tidak nyaman kalau tidak mandi ya mom, hihi. Untuk make up, tidak perlu terlalu banyak karena akan membuat tas mom akan penuh sesak. Cukup membawa make up yang akan membuat mom terlihat segar dan tidak pucat.

6. Breast Pad dan BreastPump

Mungkin ini pilihan, tapi beberapa orang akan memasukkan dalam daftar Hospital Bag. BreastPump digunakan saat mom butuh untuk memancing ASI keluar.

7. Pakaian Untuk Pulang

Jangan lupa untuk membawa pakaian untuk pulang ya mom, agar tetap terlihat eye catching dan segar, pilih pakaian yang nyaman dan pastikan untuk memakai pakaian bukaan depan atau baju menyusui yang sekarang sudah banyak pilihan model yang cantik.

8. Berkas-Berkas

Berkas-berkas untuk melahirkan jangan sampai ketinggalan ya mom, biasanya mom yang akan melahirkan menggunakan asuransi akan dimintai beberapa berkas pendukung.

Baca Juga:  Peralatan Pendukung Untuk Sukses ASI Selama Dua Tahun, Apa Saja ya?

Hospital Bag Baby

1. Baju Bayi

Ada beberapa Rumah Sakit yang menyediakan baju untuk bayi mom, tapi ada juga Rumah Sakit yang tidak menyediakan, jadi untuk berjaga-jaga bawa saja ya mom. Jangan lupa membawa pakaian untuk pulang juga ya mom.

2. Diaper atau Popok Sekali Pakai

Bawa diaper yang cukup ya mom dan pastikn ukurannya untuk newborn ya

3. Sarung Tangan-Kaki dan Topi

Untuk memastikan bayi hangat jangan lupa membawa sarung tangan, sarung kaki dan topinya ya mom.

4. Kain Bedong

Kain bedong digunakan untuk membuat bayi nyaman dan hangat seperti didalam rahim, pastikan bahannya yang lembut ya mom, karena kulit bayi masih sangat sensitif.

5. Selimut Topi

Selimut topi digunakan pada saat bayi dibawa pulang, selimut topi akan memberikan kehangatan pada bayi yang baru lahir.

6. Perlengkapan Lainnya

Perlengkapan ini meliputi minyak telon, diaper cream, hair lotion, cologne atau yang lainnya yang sekiranya akan dibutuhkan bayi.

Mungkin itu saja yang perlu mom perhatikan daftarnya, mungkin mom bisa menambahkan keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mom. Hospital Bag untuk Ayah juga bisa disesuaikan isinya ya mom. Tidak perlu membawa banyak barang mom, karena itu akan menyulitkan mom pada saat membawanya nanti.