Holaaa nabungholic! Apa kabar kalian semua? Semoga sehat selalu di musim penghujan ini ya. Kita ketemu lagi di artikel minggu ini. Bagi kalian investor pemula yang baru pengen terjun langsung membeli saham dan masih bingung mau pilih Sekuritas mana yang bagus, gw bakalan coba nih kasih tips dalam memilih Sekuritas! Tenang aja, semua Sekuritas itu bagus kok asalkan terdaftar di lembaga yang sudah di tunjuk dan tidak terkena suspend serta di sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Jadi tanpa basa basi langsung kita mulai ya!

Yang pertama tentunya kita harus melakukan pengecekkan dari calon sekuritas yang ingin kita gunakan. Caranya bagaimana? Kalian bisa cek keaktifan mereka di anggota resmi BEI lewat situs idx.co.id. Pastikan juga kalo Sekuritas yang kalian tuju tidak terkena suspend dan memiliki Surat Persetujuan Anggota Bursa (SPAB). Anggota perusahaan Sekuritas juga minimal harus memiliki Izin Wakil Perantara Perdagangan Efek (WPPE) dan Wakil Manajer Investasi (WMI) serta Wakil Penjamin Emisi (WPE).

Lanjut yang ke nomer dua ada biaya jual beli dari transaksi yang kalian lakukan. Ini menjadi salah satu tips dari memilih Sekuritas. Dikarenakan setiap Sekuritas menggunakan biaya yang berbeda-beda untuk transaksi jual belinya, kalian wajib nih mencari atau membuat perbandingan antara Sekuritas satu dengan Sekuritas lainnya.

Yang ketiga ada bank kustodian yang di tunjuk Sekuritas. Ini juga sangat penting karena kalian harus tau setiap pembelian saham yang kalian beli akan di simpan di bank kustodian mana oleh Sekuritas kalian. Bank yang di tunjuk harusnya berbeda dengan rekening bank yang dimiliki oleh investor sehingga perlu melakukan transfer ke bank Kustodian tersebut.

Lalu yang keempat ada penempatan dana awal. Sama seperti pada saat kalian membuka rekening bank biasanya, di saat melakukan pembukaan rekening efek pun harus menempatkan dana awalnya terlebih dahulu. Kalian juga wajib nih untuk mencari tau berapa dana awal yang ditempatkan di rekening efek kalian. Penempatan dana awal ini juga menjadi salah satu syarat untuk membuka rekening efek di Sekuritas.

Nomer lima ada Riset. Bukan hanya kalian yang melakukan riset tapi sekuritas yang kalian tuju juga perlu memberikan kalian tips dan hasil riset mereka terhadap saham-saham yang berpotensi untung mulai dari harian, mingguan bahkan bulanan. Hasil riset ini bisa menjadi acuan kalian sebelum membeli saham dan dapat menjadi pertimbangan kalian dalam memilih Sekuritas.

Di nomer enam ada Modal dan Likuiditas. Pastika Sekuritas yang kalian tuju memiliki keuntungan agar operational perusahaan mereka bisa berjalan dengan baik. Pastikan juga kalo Sekuritas yang dipilih memiliki Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKDB) yang besar. Lalu bagaimana kita melakukan pengecekkannya? Kalian bisa membuka situs website idx.co.id untuk mengetahui modal dan likuiditas sekuritas, apakah mendapatkan keuntungan atau justru sedang merugi.

Yang terakhir di nomer tujuh adalah aplikasi software untuk online Trading (OLT). Dikarenakan sekarang ini teknologi sangatlah maju termasuk juga untuk trading kalian dalam membeli dan menjual saham aplikasi software ini harusnya bisa mudah dipahami baik dari sisi pengoperasian dan beberapa fitur kemudahan yang ditawarkan untuk membantu kalian dalam melakukan transaksi. Fitur-fitur tersebut mulai dari laporan keuangan emiten, chart, Running Trade, dan booking value.

Nah itu beberapa tips untuk kalian dalam memilih Sekuritas sebelum kalian benar-benar terjun untuk transaksi dan menabung saham. Kalian wajib untuk mencari tau, melakukan perbandingan, dan melakukan riset antara Sekuritas satu dengan Sekuritas lainnya. Karena ada beberapa Sekuritas favorit yang sering digunakan di Indonesia dalam melakukan transaksi saham.

Sudah sampai di akhir artikel, kita lanjut lagi di artikel selanjutnya ya! Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian dan menjadi rujukkan dalam memilih Sekuritas. Tetap Jaga Jarak, Tetap pakai Masker, Tetap cuci tangan sesering mungkin ya! Sampai ketemu di artikel selanjutnya! Bye!