Selain kita belajar tentang fundamental perusahaan, kita pun bisa belajar menjadi trader. Menjadi trader bisa dibilang adalah salah satu pekerjaan freelancer karena bisa menambah pendapatan setiap bulannya. Namun yang perlu diperhatikan adalah menjadi trader itu tidaklah mudah, dikarenakan kita harus pandai-pandai membaca grafik. Di Edisi perdana Trader pemula ini kita akan coba belajar bagaimana cara menggunakan Trading plan, agar kita bisa fokus dalam menjadi trader. So, letโ€™s talk bout this!

Menjadi seorang trader memerlukan sebuah rencana. Agar kita dapat bisa lebih fokus dan meminimalisir kerugian yang dihasilkan saat melakukan trading. Dalam melakukan trading kita memerlukan rencana yang disebut trading plan. Trading plan adalah tabel yang berisikan sekelompok saham yang dalam pengamatan. Pengamatan disini bisa dibilang adalah saham yang berpotensi menghasilkan keuntungan.

Trading plan untuk pemula bisa membuat tabel seperti ini.

Nah ini adalah salah satu trading plan yang saya buat sendiri. Trading plan ini dibuat berdasarkan laporan keuangan. Untuk Sido bisa dijadikan trading jangka pendek dikarenakan ada beberapa issue yang menarik diantaranya pembagian deviden yang membuat harga sahamnya naik. Dan untuk emiten selanjutnya dapat dilihat dari beberapa keterangan yang dibuat berdasarkan target rencana jangka waktu investasi yang ingin dicapai.


Manfaat membuat trading plan yang pertama yaitu membuat seorang trader menjadi lebih fokus. Saat ini terdapat ratusan perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sangat mustahil apabila kita harus memperhatikan semua pergerakkan sahamnya. Inti dari membuat trading plan ini kalian bisa memulai trader dari emiten-emiten yang terdaftar di LQ45. Kenapa dimulai dari LQ45? Tentunya karena perusahaan yang terdaftar di LQ45 memiliki likuiditas tinggi dan volatilitas yang cukup lembar dari emiten tersebut. Trading plan ini akan menghindari portofolio menjadi saham supermarket. Saham Supermarket seperti yang sudah di jelaskan di artikel sebelumnya terdiri dari banyaknya saham yang ada di portofolio kita, sehingga membuat keuntungan yang tidak maksimal.

Lalu manfaat yang kedua adalah trading plan membuat seorang trader selalu mengetahui potensi keuntungan dan kerugian yang mungkin akan diperolehnya jika melakukan positioning, baik posisi beli atau posisi jual. Terkadang seorang trader memiliki psikologis yang kurang baik. Ada saat dimana seoarang trader takut mengambil kesempatan dan ada saatnya seorang trader menjadi serakah sehingga melupakan target keuntungan awal yang sudah direncanakan. Dengan trading plan seorang trader dapat memposisikan dirinya untuk menggunakan strategi bertahan atau menyerang. Maksudnya adalah dengan membuat trading plan, kita bisa mengetahui potensi kerugian yang akan kita hadapi ketika harus mengambil posisi.

Manfaat yang ketiga adalah kita dapat mengukur kualitas trading dan kualitas prediksi yang sudah kita buat. Seperti tabel yang diberikan sebelumnya, seorang trader menuliskan prediksinya atas pergerakkan harga kedepan. Kualitas trading dan prediksi dapat merefleksikan diri seorang trader. Jika kualitas prediksinya kurang tepat berarti trader tersebut perlu lebih memperbanyak pelajaran atau bacaan mengenai teori prediksi baik itu teori analisis teknikal maupun analisi fundamental.

Manfaat ke empat yaitu membuat transaksi lebih terstruktur dan tidak hanya sekedar untung-untungan. Untung-untungan disni adalah hanya memihak keberuntungan semata tanpa analisis yang dilakukan. Tentunya hal ini akan lebih banyak meruginya daripada menghasilkan keuntungan. Trading plan yang baik, yang penerapannya dilakukan dengan disiplin, akan membuat potensi keuntungan menjadi optimal sementara sebaliknya untuk kerugian juga dapat di minimalisir.

Dan yang terakhir yaitu rencana trading membuat trader tidak takut fluktuasi pergerakkan harga saham. Pernah tidak kalian merasakan apabila harga suatu saham jatuh kalian merasa takut untuk melakukan cutloss atau menambah lot karena ini bisa jadi momentum untuk mengakumulasikan harga rata-rata saham di portofolio? Lantas kalian jadi bingung harus mengambil keputusan apa saat kondisi seperti itu? Dengan rencana trading kalian bisa membuat keputusan yang lebih baik. Contohnya seperti tabel di atas kalian bisa dengan tenang karena melakukan trading di saham emiten LQ45 yang memiliki likuiditas yang baik, sehingga pada saat IHSG naik harga saham di LQ45 pun menjadi naik.

Nah menjadi seorang trader bukan lah hal yang mudah. Karena kalian pun harus melakukan analisis yang matang, bukan hanya berdasarkan cap cip cup dan mengikuti ueforia market semata. Menjadi seorang trader pemula disarankan melakukan trading di perusahaan yang memiliki fundamental bagus untuk menambah jam terbang sebagai seorang trader.

Menjadi seorang investor fundamental atau seorang trader memiliki analisis tersendiri. Pilihannya adalah ada di kalian. Kita lanjut lagi di artikel selanjutnya. Tetap pakai masker, Tetap jaga jarak, tetap cuci tangan sesering mungkin. Sampai jumpa!