Hallo Guys, jumpa lagi diedisi sportaddict minggu ini, masih di dunia olahraga tentunya, nah guys siapa sih yang gak tau sama cabang olahraga akuatik ini. Olahraga renang ini dilakukan di dalam air dengan cara menggerakan hampir semua bagian tubuh.Mungkin dari kecil kita sudah sering berenang, entah itu di kolam renang ataupun di sungai, tapi kita belum sadar akan manfaat dan kebaikan dari olahraga renang tersebut, betul kan guys?

Nah disini mimin akan membahas sedikit sejarah dan manfaat dari olahraga renang, yuk langsung saja kita simak.

Renang merupakan jenis olahraga prestasi yang dilombakan pada event nasional hingga internasional. Perlombaan renang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Kejuaraan Akuatik dunia FINA atau kejuaraan Akuatik dunia diadakan dua tahun sekali dan menggunakan kolam dengan panjang lintasan 50 m.

Dilansir dari BBC olahraga renang diciptakan oleh mattew webb.

Olahraga renang ditemukan oleh Mattew webb pada tahun 1975. Matthew webb adalah pria kelahiran 19 Januari 1848 Dawley, Telford, Britania Raya. Merupakan seorang kapten yang berhasil menjadi orang pertama yang berenang melewati selat Inggris tanpa bantuan. Setelahnya Matthew sangat terkenal karena kelincahannya di dalam air serta keberaniannya menantang resiko.

Nah guys, di Indonesia sendiri renang dimulai di Kota Bandung, Hal ini terbukti dengan pembangunan kolam renang yang bernama cihampelas pada tahun 1904.

Disamping itu juga ditemukan beberapa kolam renang dibeberapa daerah terutama pada kota-kota besar seperti : Jakarta, Surabaya dan lainnya. Dengan adanya beberapa kolam renang perkembangan olahraga renang ditandai dengan dibentuknya perkumpulan renang, antara lain Bandungsche Zwembond atau yang disebut dengan perserikatan renang bandung di tahun 1917.

Berenang itu ada manfaatnya lho jika dilakukan dengan benar, berikut saya rangkum 5 manfaat dari berenang !

1. Melatih seluruh tubuh
Ketika berenang, kita akan menggunakan hampir seluruh otot utama tubuh. Mulai dari lengan, kaki, dan perut. Jadi hampir seluruh otot di tubuh kita terlatih.

2. Menjaga kesehatan jantung
Salah satu manfaat berenang yang paling populer adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.

3. Menurunkan berat badan
Nah sportaddict, siapa nih yg mencoba diet tapi gak berhasil ?. Berenang selama satu jam dapat membakar sekitar 500-650 kalori. Oleh karena itu berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

4. Menambah tinggi badan
Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh menjadi lebih tinggi ( Bagi yang dalam masa pertumbuhan tentunya )

5. Memperlancar aliran darah ibu hamil
Bagi ibu hamil, kegiatan berenang dapat membantu memperlancar aliran darah ibu kepada janinnya dan membantu menguatkan otot-otot dan juga dapat membantu pernapasan.

Nah itu dia guys, beberapa manfaat dari olahraga renang, selain banyak manfaat dari olahraga renang, ternyata olahraga renang juga ada kejuaraannya loh guys

Nah guys gimana sudah tau belum ?

Sekian dulu pengenalan tentang olahraga renang terima kasih yang sudah membaca…..

Penulis : M. Firmansyah