Kesehatan Telinga
Kesehatan Telinga

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menjaga kesehatan telinga dengan benar. Padahal, jika kesehatan dan kebersihan telinga tidak Anda jaga dengan baik kemungkinan dapat terjadi gangguan pada pendengaran dan keseimbangan.

Oleh karena itu kesehatan telinga tidak boleh disepelekan. Berikut tips menjaga kesehatan telinga yang baik dan benar :

Bersihkan telinga dengan cara yang benar

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yakni bagian dalam, tengah, dan luar. Bagian ini memiliki fungsinya masing-masing agar dapat mendengar dengan baik. Saat membersihkan telinga, ada baiknya untuk membersihkan pada bagian luar atau daun telinga saja. Karena telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Adanya bulu-bulu halus serta bentuknya yang bersudut mampu menjaga telinga dari masuknya kotoran berlebih.

Hindari penggunaan cotton bud

Kebiasaan yang sering Anda lakukan adalah membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud. Sayangnya, aktivitas ini sebenarnya kurang baik untuk dilakukan. Sebab dapat membuat kotoran telinga terdorong ke bagian dalam telinga, sehingga membuatnya semakin masuk ke dalam dan mengendap. Maka dari itu, hanya perlu membersihkan pada daun telinganya saja.

Hindari telinga dari suara yang keras

Untuk menjaga kesehatan telinga, hindari telinga dari suara keras dalam jangka panjang. Terlalu lama berada di lingkungan yang bising ternyata bisa memengaruhi pendengaran, termasuk membuat pendengaran berkurang hingga menjadi tuli. Jika berada dilingkungan yang terlalu bising, sebaiknya menggunakan alat pelindung telinga agar tidak membuat telinga sakit.

Hindari mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras

Untuk menjaga kesehatan telinga, hindari telinga dari suara keras dalam jangka panjang. Terlalu lama berada dalam lingkungan bising juga dapat memengaruhi pendengaran, termasuk membuat pendengaran berkurang hingga menjadi tuli. Jika terpaksa harus berada dalam lingkungan yang bising, seperti bekerja pada pabrik, kami anjurkan untuk menggunakan pelindung telinga.

Baca Juga:  Awasi 5 Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Jaga telinga agar tetap dalam kondisi kering

Setelah mandi atau pun berenang, segera keringkan telinga menggunakan handuk dengan lembut. Hal ini untuk menghindari telinga dari kelembapan. Kelembapan yang berlebihan dapat memungkinkan bakteri masuk dan menyerang saluran telinga dan dapat menyebabkan telinga infeksi.

Kamu dapat menghalangi masuknya air ke dalam telinga dengan menggunakan pelindung telinga saat berenang. Pilih pelindung telinga yang nyaman dan aman untuk berenang sehingga pendengaran tetap terjaga. Namun, jika masih terasa adanya air dalam telinga, miringkan kepala ke samping dan tarik sedikit cuping telinga untuk memudahkan air keluar.

Informasi kesehatan lainnya bisa kunjungi www.sariasih.com

Baca Juga :

Awasi 5 Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh